Tahu Enak

Cara Membuat Tahu Bulat Sederhana untuk Jualan

Puti Yasmin - detikFood Minggu, 01 Mar 2020 09:00 WIB
Deep fried Tofu or Bean CurbThere are more related images : Cara Membuat Tahu Bulat/Foto: iStock
Jakarta -

Tahu bulat yang dijual oleh pedagang keliling memiliki rasa yang khas. Namun, jika kamu ingin membuat varian sendiri bisa lho ikuti cara membuat tahu bulat di rumah.

Resep tahu bulat kopong biasa dilakukan oleh abang-abang keliling. Nah, trik ini juga bisa dilakukan sendiri di rumah jika kamu ingin membuat resep tahu bulat untuk jualan.

Cara Membuat Tahu BulatCara Membuat Tahu Bulat Foto: Detikfood

Berikut resep tahu bulat tanpa telur:

Cara membuat tahu bulat pertama dengan menyiapkan bahan utama, berupa 6 buah tahu putih besar. Kemudian, siapkan bumbu 5 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, 2 butir kemiri dan haluskan.

Jangan lupa, tambahkan merica, gula, dan garam sesuai selera untuk cara membuat tahu bulat. Campurkan semua bahan bumbu hingga rasa yang diinginkan.

Kemudian, dinginkan tahu dalam freezer selama 25 menit. Keluarkan, dan haluskan tahu dan peras menggunakan kain bersih agar kandungan air dalam tahu keluar.

Campurkan semua bumbu yang telah dihaluskan dengan adonan tahu sampai rata. Jika dirasa telah mencampur semua bahannya bentuk adonan tahu menjadi bulat sebesar bola pingpong.

Cara Membuat Tahu BulatCara Membuat Tahu Bulat Foto: Instagram

Sebelum menggoreng tahu bulat, pastikan adonan tahu agar selalu dingin dengan memasukan ke dalam kulkas. Keluarkan jika ingin digoreng saja. Dengan begitu, kulit adonan tahu tidak akan mengerut ketika digoreng.

Terakhir, cara membuat tahu bulat dengan menggoreng adonan tahu dalam minyak panas hingga berwarna kecokelatan. Pakai minyak yang banyak dengan api sedang sehingga adonan tahu bisa matang secara merata.

Sebaiknya, jangan sering membolak-balik tahu dan terlalu lama karena akan membuat adonan tahu hancur atau meledak. Selamat mencoba cara membuat tahu bulat ya!



Simak Video "Undur-undur Crispy, Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Menyehatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)