Bukan Mobil, Produk Paling Laris Volkswagen Justru Sosis!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 29 Feb 2020 18:00 WIB
Sosis Volkswagen Foto: Istimewa
Jakarta -

Menyebut Volkswagen pasti kamu terbayang merek mobil Jerman. Siapa sangka produk paling laris Volkswagen bukan mobil melainkan sosis yang gurih juicy.

Volkswagen (VW) adalah salah satu produsen mobil terkenal dunia yang berasal dari Jerman. Ternyata selain mobil, perusahaan The Volkswagen Golf juga memproduksi sosis VW. Sudah hampir 50 tahun sosis ini diproduksi di sebuah pabrik mobil VW di Wolfsburg, Jerman.

Dikutip dari Oddity Central (25/2), sosis VW merupakan sosis tradisional Jerman yang menjadi bagian penting dari sejarah perusahaan secara keseluruhan. Produk ini bahkan memiliki kode bagian mobil sendiri yaitu 199 398 500 A.

Bukan Mobil, Produk Paling Laris Volkswagen Justru Sosis!Foto: Istimewa

Produksi sosis bermula tahun 1973, awalnya hanya didistribusikan ke kantin perusahaan untuk memberi makan para karyawan VW. Seiring waktu, VW mulai menjual sosisnya di berbagai stadion dan toko makanan di Jerman. Respons pasar rupanya positif karena banyak orang menyukainya.

Mereka beranggapan sosis VW lebih enak dan berkualitas karena awalnya ditujukan untuk para karyawan VW. Namun itu bukan sekadar anggapan karena sosis VW memang sudah memenangkan beberapa penghargaan kuliner.

Baca Juga: Unik! Hotel Ini Bertema Sosis Lengkap dengan Potongan Daging Sosis di Dalamnya

Dari 6,7 juta sosis VW yang diproduksi, 40 persennya diperuntukkan bagi karyawan. Sisanya baru dipasarkan untuk masyarakat. Sosis VW juga diekspor ke 11 negara, namun di Amerika Serikat tidak ada.

Bukan Mobil, Produk Paling Laris Volkswagen Justru Sosis!Foto: Istimewa

Awalnya sosis VW dibuat dari campuran daging sapi dan daging babi yang hewannya diternak sendiri di peternakan milik perusahaan. Namun karena permintaan makin melonjak, kini hal tersebut tidak dilakukan lagi.

Hanya saja VW tetap memakai produk daging dari peternak yang berkualitas. Kepala Produksi Makanan di VW, Dietmar Schulz mengatakan sosis paling populer di wilayah Bavaria yang memang memiliki budaya makan sosis yang kuat.

"Ini benar-benar hanya sosis, namun populer di seluruh kelas masyarakat. Semua orang menyukainya, bahkan level manajer atas yang sebenarnya bisa pilih makan truffle," kata Schulz dalam sebuah wawancara.

Hingga sekarang resep sosis VW sangat dijaga ketat kerahasiaannya, tapi menurut banyak sumber, yang membuat sosis enak adalah komposisi dagingnya lebih banyak ketimbang lemak.

Bukan Mobil, Produk Paling Laris Volkswagen Justru Sosis!Foto: Istimewa

Pada tahun 1990-an konon penggunaan daging sapi ditiadakan, diganti dengan daging babi yang lemaknya hanya 20 persen. Berbeda dengan produk sosis lain dimana kandungan lemaknya bisa 35 persen atau lebih.

Daging babi lalu dicampur bersama ragam bumbu seperti garam, lada, bubuk kari, dan jahe. Dikemas dalam membran sepanjang 13 atau 25 cm. Tiap hari, sosis VW bisa diproduksi 18.000 hingga 20.000 potong per hari.

Menariknya, VW juga memproduksi saus tomat racikan sendiri, tetapi tidak sepopuler sosisnya. Hanya sekitar 600.000 botol yang dijual setiap tahun.

Baca Juga: Ini Cara Meracik Sosis Sapi Khas Jerman di Bavarian Haus



Simak Video "Toring, Soto Khas Klaten Anti Becek"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)