Masak Apa Hari Ini : Beef Curry Rice dan Chicken Teriyaki ala Restoran Jepang

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Sabtu, 29 Feb 2020 08:00 WIB
chicken teriyaki Foto: Instagram
Jakarta -

Menu restoran Jepang yang populer mudah dibuat sendiri di rumah. Dengan bahan yang mudah didapat chicken teriyaki hingga beef curry rice bisa disajikan hangat.

Hidangan Jepang dikenal segar dan alami karena tak memakai bumbu banyak. Selain itu juga dimasak dengan sederhana. Karenanya masakan Jepang relatif mudah dibuat dan bisa disiapkan sekejap.

Seperti kari Jepang yang populer disajikan dengan nasi. Kari ini diracik dengan rempah yang tak terlalu pekat. Enak dipadukan dengan daging dan dimakan dengan nasi hangat mengepul.

Selain itu ada Chicken Teiryaki yang populer di resto cepat saji Jepang. Ayam tumis berbumbu shoyu dan bawang putih membuat rasanya jadi manis gurih dan enak dimakan dengan nasi hangat.

Olahan ayam lain, chicken karaage yang renyah gurih juga populer. Rasanya gurih renyah dan juga jadi menu banyak restoran Jepang. Fried chicken gaya Jepang ini juga disukai banyak orang.

Jangan takut mencoba memasak sendiri masakan Jepang. Asal membeli bahan-bahan segarnya dan bumbunya dengan tepat, mudah dibuat sendiri di rumah. Coba saja rekomendasi resep-resep detikfood ini.

Masak Apa Hari Ini : Beef Curry Rice dan Chicken Teriyaki ala Restoran JepangFoto: detikfood



1. Japanese Beef Curry Rice

Nama kari merujuk pada bumbu kari, tetapi bukan bumbu kari India yang pekat. Tetapi ini bumbu kari Jepang yang ringan dan harum aromanya. Bumbu kari ini bisa dibeli dalam kemasan siap pakai dengan pilihan rasa pedas normal, sedang dan pedas.

Paduannya bisa daging ayam atau daging sapi. Sebaiknya gunakan daging sapi berlemak sedikit dan empuk. Seperti daging sapi tenderloin atau has dalam. Setelah ditumis daging direbus bersama sayuran hingga matang dan kental.

Untuk sayuran, biasanya dipakai kentang dan wortel. Sebaiknya rebus kentang bersama daging dan kuah berbumbunya hingga hampir baur lunak. Selanjutnya masukkan potongan wortel dan masak hingga lunak. Sajikan dengan nasi hangat. Respe membuat kari enak ini bisa dilihat di sini.

Masak Apa Hari Ini : Beef Curry Rice dan Chicken Teriyaki ala Restoran JepangFoto: Dok. detikFood



2. Chicken Teriyaki

Sajian ini mudah dibuat, karena berupa potongan daging ayam yang direndam dengan bumbu. Selanjutnya ditumis hingga matang. Tinggal disajikan dengan nasi hangat saja. Rasanya yang manis gurih disukai banyak orang.

Sebaiknya gunakan daging dada ayam atau daging paha ayam. Tetapi jika suka rasa lebih gurih gunakan daging paha ayam yang sedikit berlemak. Iris daging ayam agak tipis agar lebih matang bersamaan.

Rendam irisan ayam dengan bumbu selama beberapa saat agar bumbu meresap. Gunakan api sedang agar daging ayam bisa matang sempurna. Kalau suka bisa ditambahkan tauge dan irisan wortel, tumis bersama daging saat daging sudah matang. Resep pembuatan chicken teriyaki ini bisa dilihat di sini.

Masak Apa Hari Ini : Beef Curry Rice dan Chicken Teriyaki ala Restoran JepangFoto: Istimewa



3. Chicken Karaage

Anak-anak hingga orang dewasa suka dengan ayam goreng gaya Jepang ini. Dibuat dari potongan daging paha ayam berikut kulitnya tanpa tulang hingga rasanya renyah gurih tetapi bagian dalamnya juicy.

Sebelum dilapisi adonan tepung pastikan daging ayam berbumbu tidak terlalu berair, tiriskan dulu. Setelah dilapisi tepung goreng dalam air panas dan banyak hingga kering dan matang bagian dalamnya.

Jika suka, karaage juga bisa dibumbui dengan cabai bubuk sehingga sedikit pedas. Potong daging dengan ukuran sama agar matang merata. Pastikan minyak cukup banyak dan panas saat menggoreng. Ikuti petunjuk resep ini untuk membuatnya.



Simak Video "Nyam! Kreasikan Isi Burgermu Sendiri di Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)