Masak Apa Hari Ini : Garang Asem Ayam dan Bistik Jawa Khas Solo

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 28 Feb 2020 08:30 WIB
garang asem Foto: istimewa
Jakarta -

Makanan khas Solo bisa jadi pengobat kangen. Seperti bistik sapi bergaya Belanda yang gurih manis. Atau garang asem ayam yang gurih segar. Sedap!

Sebagai pusat budaya Jawa, Solo punya kuliner unik. Selain makanan Jawa juga ada kuliner dengan pengaruh Belanda. Bistik Jawa salah satu sajian gaya kolonial yang populer karena lezatnya.

Olahan ayam tradisional khas Solo yang terkenal adalah garang asem ayam. Potongan ayam dengan bumbu minimalis ini dimasak dalam bungkus daun hingga lembut dagingnya. Menyegarkan disantap siang hari.

Tempe merupakan santapan harian yang tak pernah dilewatkan oleh warga Solo. Selain digoreng polos, atau dibuat tempe bacem, tempe juga diolah menjadi tempe goreng tepung yang renyah dan gurih rasanya.

Kalau bosan dengan makanan harian yang itu-itu saja, cobalah intip resep-resep rekomendasi detikfood ini. Sajian khas Solo yang sedap pasti membuat keluarga semangat menyantapnya.

Masak Apa Hari Ini : Garang Asem Ayam dan Bistik Jawa Khas SoloFoto: detikfood




1. Bistik Jawa

Namanya diambil dari bahasa Belanda 'biefstuk' alias sepotong daging. Sajian ini tidak sama dengan beefsteak gaya Amerika yang memakai saus. Bumbu dan sausnya dimasak bersama dagingnya hingga meresap dan empuk.

Karena itu sebaiknya pilih daging has dalam sapi. Simpan dalam lemari es hingga agak keras. Selanjutnya iris tipis melintang serat supaya daging sapi cepat empuk.

Jika sudah dibumbui lengkap dengan kecap manis, pala dan merica, masak daging dengan api kecil agar bumbu meresap dengan sempurna. Sebagai pelengkap bisa disajikan dengan setup sayuran dan kentang rebus. Ikuti cara pembuatnnya di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Garang Asem Ayam dan Bistik Jawa Khas SoloFoto: istimewa



2. Garang Asem Ayam

Olahan ayam yang klasik dan tradisional ini selalu bikin orang ingin menikmatinya lagi. Rasanya gurih segar. Karena dimasak dengan 'slow cooking' bumbunya meresap. Ditambah daun pisang yang jadi pembungkusnya memberi aroma wangi.

Jika ada sebaiknya gunakan ayam kampung muda yang gemuk. Potong menjadi 10 atau 12 potong. Ini agar daging ayam cepat lunak saat dikukus. Tambahan belimbing sayur atau tomat muda akan memberi rasa asam segar sekaligus mengempukkan daging ayam.

Agar bungkus daun pisang tak bocor dan sobek. Gunakan daun pisang batu, lapis menjadi dua lembar bertumpuk. Bungkus bentuk tum dan semat kuat dengan lidi. Tahap pembuatan garang asem ini bisa dilihat di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Garang Asem Ayam dan Bistik Jawa Khas SoloFoto: detikfood



3. Tempe Goreng Cabe

Tempe merupakan bahan makanan paling murah dan bernutrisi. Enak diolah jadi beragam masakan salah satunya tempe goreng tepung. Rasa gurih tempe makin enak dengan lapisan tepung yang garing renyah.

Pilih tempe yang padat yang sudah penuh fermentasinya. Tempe ini biasanya terbuat dari kedelai murni. Iris melintang tipis 1/4 cm dengan ukuran yang sama besar. Rendam dulu dengan bumbu sebelum dilapisi tepung.

Celupan irisan tempe dalam adonan, bertahap, satu persatu ke dalam minyak panas dan banyak. Pastikan seluruh bagiannya terendam minyak hingga menjadi kuning keemasan dan kering. Cara membuat tempe ini bisa dilihat di sini.



Simak Video "Bikin Laper: Sate Buntel, Gulai Jawa dan Nasi Liwet "
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)