Masak Apa Hari Ini: Nasi Liwet Teri dan Sambal Kering Hati yang Sedap

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 27 Feb 2020 08:30 WIB
nasi gurih Foto: Instagram
Jakarta -

Sekali-sekali masak hidangan khas Sunda. Ada nasi liwet prkatis bertabur teri pedas. Enak dimakan dengan pepes ikan atau sambal kering hati yang pedas gurih.

Nasi liwet Sunda yang biasa dimasak dalam kastrol bisa dibuat lebih praktis, Memakai rice cooker dan tetap enak diberi taburan teri yang pedas-pedas gurih. Dijamin nambah!

Tak harus menunggu hari raya, sambal kering hati yang gurih pedas bisa dibikin sebagai lauk istimewa. Hati goreng kering dengan balutan cabai yang pedas plus petai jika suka.

Teman makan nasi liwet yang afdol adalah pepes khas Sunda. Diberi bumbu iris, pepes ikan Sunda rasanya gurih lembut. Bahkan tulang ikannya bisa ikut dimakan.

Sudah ngiler membayangkan masakan Sunda yang enak? Rekomendasi resep detikfood ini bisa jadi pilihan yang lezat buat menu harian keluarga.

Masak Apa Hari Ini: Nasi Liwet Teri dan Sambal Kering Hati yang SedapFoto: detikfood



1. Nasi Liwet Teri Pedas

Jika tak ada kastrol atau panci aluminium, manfaatkan saja rice cooker atau magic com di rumah. Proses memasak nasi liwet dengan rice cooker tak beda dengan nasi putih biasa.

Agar rasanya gurih enak, pilih beras yang pulen lembut. Gunakan santan segar yang tak terlalu kental agar rasanya lebih gurih enak. Takar santan seperti menakar air untuk masak nasi biasa. Jika perlu kurangi sedikit agar tidak terlalu lembek.

Jenis ikan teri yang terbaik adalah ikan teri tawar, bisa jenis ikan teri Medan atau yang lain. Goreng hingga kering dan tumis dengan bumbu dan cabai. Tambahan cabai rawit merah untuk rasa pedas yang lebih mengigit. Ikuti cara membuat nasi liwet melalui resep ini.

Masak Apa Hari Ini: Nasi Liwet Teri dan Sambal Kering Hati yang SedapFoto: detikfood



2. Sambal Kering Hati

Sambal kering hati ini sering dipakai sebagai lauk pelengkap lontong sayur, nasi uduk atau nasi tumpeng. Bahan utamanya bisa memakai hati sapi atau hati ayam yang kualitasnya bagus.

Saat membeli hati sapi atau ayam perhatikan warnanya. Hati yang bagus warnanya cokelat sedikit gelap dan merata, permukaan dan teksturnya mulus dengan aroma yang segar, tidak busuk.

Goreng dahulu hati sapi agar rasanya gurih renyah dan matang. Setelah bumbu ditumis matang baru masukkan hati goreng. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan aromanya tidak anyir. Jika memakai petai, masukkan paling akhir dan setelah layu angkat segera. Resep sambal kering hati bisa dilihat di sini.

Masak Apa Hari Ini: Nasi Liwet Teri dan Sambal Kering Hati yang SedapFoto: Istimewa



3. Pepes Ikan Sunda

Pepes ikan khas Sunda terkenal akan bumbunya yang minimalis. Karenanya harus memakai ikan mas yang segar, lebih baik lagi jika ikan mas hidup. Agar aromanya tidak anyir dan tak berbau tanah.

Bersihkan isi perut ikan dan cuci hingga benar-benar bersih, tak ada bekas darah di dalam badan ikan. Selipkan bumbu iris ke dalam perut ikan agar aromanya gurih sedap.

Selain dikukus, pepes ikan juga bisa dimasak dengan panci bertekanan. Tetapi jika membuat 3-4 bungkus gunakan kukusan biasa, tutup rapat panci dan masak hingga pepes benar-benar empuk. Langkah-langkah pembuatan pepes bisa disimak di resep ini.



Simak Video "Masak Masak: Mudah! Membuat Pizza ala Rumahan"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)