Lewat Kisah Haru, Netizen Ini Ajak Foodies Habiskan Makanan

Devi Setya - detikFood Rabu, 26 Feb 2020 11:30 WIB
habiskan makanan Foto: istimewa/twitter
Jakarta -

Punya kebiasaan menyisakan makanan? Sebaiknya berpikir ulang dan cobalah berusaha menghabiskan makanan. Karena ada banyak orang yang masih kelaparan.

Ajakan habiskan makanan ini dibagikan oleh seorang netizen pengguna twitter @lenny.diary. Ia mengajak netizen untuk menghabiskan makanannya setelah melihat pemandangan mengharukan. Ketika makan di sebuah restoran di mall, Lenny melihat seorang petugas kebersihan menyisihkan makanan yang diperkirakan akan disantap.

"Habiskan Makananmu atau Berikan Ke Orang Lain. Jika dirasa tak mampu habisin, sisihkan dan minta take away. Biasanya aku kasih ke CS di toilet, ojol, ART di kos atau siapa saja yang sekiranya mau. Lebih baik lagi jika kita tahu ukuran porsi makan kita jadi ga buang makanan," ujar Lenny.

Lewat Kisah Haru, Netizen Ini Ajak Foodies Habiskan Makanan Foto: istimewa/twitter


Baca juga : Bagikan Cerita Santap Makanan Sisa di Restoran, Pria Ini Disebut 'Freegan'


Bukan tanpa alasan, Lenny mengajak netizen menghabiskan makanan karena merasakan langsung pengalaman yang mengharukan. Lewat twitter ini pula ia membagikan cerita.

"Aku lagi di foodcourt mall, cleaning service (CS) pada sibuk ngambilin piring kotor, bersihin meja dll. Seorang CS tetiba menemukan sepiring kwetiau goreng. Hampir utuh, mungkin hanya dicicip sedikit. Akhirnya CS tersebut menaruh piring di tray paling bawah, paling dalam, sambil melihat sekeliling," beber Lenny.

Dalam kisah lanjutannya, Lenny mengatakan melihat sang CS menaruh makanan sisa ini ke dalam kantung plastik. Tampaknya kwetiau goreng yang ia temukan ini akan menjadi santapan makan siangnya.

Lewat Kisah Haru, Netizen Ini Ajak Foodies Habiskan Makanan Foto: istimewa/twitter


Kisah yang dibagikan Lenny kemudian menjadi viral dan mendapat banyak respon netizen. Sejak diunggah pada 21 Februari lalu, postingan ini sudah dibagikan ulang hingga lebih dari 23 ribu kali dan memancing ribuan komentar.

"Plus, kalo selesai makan. Usahakan rapihin meja, kumpulkan piring kotor menjadi satu tumpukan. Memang ini terlihat lebay, setidaknya ini juga membantu meringankan pekerjaan orang lain," ujar netizen.

"Sering banget nemuin orang-orang klo pas event blogger ambil makanannya segunung tapi gak pernah habis,,,, pengen gue tampol rasanya."

"Setuju. Selain itu, tahun 2018 Indonesia merupakan salah satu negara penghasil sampah makanan terbesar di dunia. Ironinya, sebagian masyarakatnya masih ada yang menderita kekurangan gizi."

Dari ribuan komentar yang memenuhi postingan ini, banyak netizen yang kemudian tergerak untuk menghabiskan makanan. Atau sekedar menyisihkan makanan agar bisa dibagikan ke orang kurang beruntung yang ada di sekitar.

Baca juga : 5 Komunitas Ini Kumpulkan Sampah Makanan Sisa, Ada yang Dari Indonesia



Simak Video "Pedas Nampol Hidangan Sode Udang Khas Kutai"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)