Asyik! Bisa Ngopi di Kafe Unik Dalam Bus Sungguhan

Riska Fitria - detikFood Rabu, 26 Feb 2020 14:00 WIB
kafe unik Kafe unik di Bogor Foto: Shaf Cafe Ngetem Coffe KM 2 Red Bus
Jakarta -

Kini banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendirikan kafe unik. Yang terbaru di Bogor ada kafe unik yang menawarkan sensasi bersantap di dalam bus.

Kafe sering kali menjadi tempat favorit banyak orang. Di sana ada banyak hal yang dapat dilakukan sambil bersantai dan menikmati panganan. Saking favoritnya, setiap daerah di Indonesia sudah tak ketinggalan dengan kafe uniknya.

Seperti di Bogor misalnya, hingga kini sudah tak terhitung berapa banyak kafe yang dapat dikunjungi di sana. Untuk menarik perhatian calon pengunjung, pemilik kafe menerapkan konsep unik dan antimainstream.

Asyik! Bisa Ngopi di Kafe Unik Dalam Bus SungguhanKafe unik di Bogor yang ada di dalam bus Foto: Shaf Cafe Ngetem Coffe KM 2 Red Bus

Baru-baru ini di Bogor dibuka kafe unik yang menawarkan sensasi bersantap di dalam bus. Kafe unik tersebut diberi nama Shaf Cafe Ngetem Coffe KM 2 Red Bus yang menempati bangkai bus.

Baca Juga : Kafe Unik dengan Interior Sketsa 2 Dimensi Ini Bagai Dunia Kartun

Sesuai namanya, bus tersebut akan ngetem di Jalan Sholeh Iskandar, Bogor. Shaf Cafe merupakan ide kreatif dari seorang pria bernama Purwanto Joyomartono. Kepada detikcom, Purwanto menceritakan bahwa bus yang digunakan untuk kafenya tersebut merupakan bus yang tidak tidak terpakai.

"Daripada menumpuk menjadi limbah, lebih baik dimanfaatkan jadi kafe. Bahkan saya berharap untuk pemerintah mau menyumbang bus-bus yang tak terpakai untuk dijadikan kafe sehingga lebih bermanfaat," ujar Purwanto pada (25/02).

Asyik! Bisa Ngopi di Kafe Unik Dalam Bus SungguhanKafe unik di Bogor yang ada di dalam bus Foto: Shaf Cafe Ngetem Coffe KM 2 Red Bus

Bus yang tak terpakai itu kemudian disulap menjadi kafe unik yang dapat dikunjungi banyak orang. Lebih lanjut, Purwanto juga menjelaskan bahwa di kafe buatannya itu ia memanfaatkan barang-barang antik seperti meja jahit yang digunakan untuk meja pengunjung

Kafe unik bernama Shaf Cafe itu menawarkan banyak menu pilihan yang menerapkan konsep makanan khas Nusantara. Seperti Nasi Berseri, Nasi Ulah Mewek, Nasi Goreng dan Ayam Bakar Lengko. Selain itu untuk minumannya ada varian kopi yang juga menggunakan biji kopi Nusantara.

Asyik! Bisa Ngopi di Kafe Unik Dalam Bus SungguhanMenu makanan di kafe unik yang ada di dalam bus Foto: Shaf Cafe Ngetem Coffe KM 2 Red Bus

"Kalau kopi kita pakai kopi lokal seperti Sumatera, Bogor hingga Pati Jawa Tengah. Pokoknya benar-benar kita pilih yang berasal dari Indonesia," ujar Purwanto.

Menariknya lagi, semua menu makanan dan minuman di kafe unik tersebut ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Yaitu berkisar antara Rp. 7.000 - Rp. 28.000.

Selain mengurai limbah, kafe unik yang memanfaatkan bangka bus tersebut juga didirikan oleh Purwanto sebagai wadah yang menaungi orang-orang yang sulit mencari pekerja. Di kafe unik itu juga memberi kesempatan kepada pengunjung untuk bekerja sama barista.

Asyik! Bisa Ngopi di Kafe Unik Dalam Bus SungguhanAda varian kopi di kafe unik yang berada di dalam bus Foto: Shaf Cafe Ngetem Coffe KM 2 Red Bus

Area pengunjungnya tidak hanya berada di dalam bus, tetapi juga disediakan di area luar bus yang ditata rapi seperti kafe kebanyakan.
Suasananya semakin seru dengan adanya pertunjukan berupa grup angklung. Dalam pertunjukan hiburan itu, Purwanto juga ingin mewadahi para pekerja seni yang kreatif untuk tampil di kafenya tersebut.

Kamu akan mudah menemukan kafe unik yang ditandai dengan bus besar dengan warna merah yang ngetem di pinggir jalan, tepatnya di Jalan Sholeh Iskandar. Tempat tersebut dipilih karena jalan tersebut merupakan jalan protokol di Bogor yang menghubungkan ke daerah-daerah lain.

Untuk saat ini, kafe unik di dalam bus tersebut hanya ngetem. Namun, untuk kedepannya, Purwanto tengah berusaha untuk mendapat izin agar kafe busnya tersebut dapat mengaspal di sepanjang jalan Bogor. Kalau berkunjung ke Bogor, jangan lupa mampir ke kafe unik ini ya!

Shaf Cafe
Jalan Sholeh Iskandar
Bogor, Jawa Barat
Telepon : 085281389876
Jam Buka : Senin - Kamis 10.00 - 22.00 & Jumat - Minggu 10.00 - 23.00

Baca Juga : Kalau ke Bogor Bisa Ngopi dan Hunting Foto di 5 Kafe Cantik Ini



Simak Video "Kokonut & Curtains, Kafe Instagramable Jakarta Rasa Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)