Kejutan Kue Ulang Tahun Bikin Perawat Pasien Corona Ini Terharu

Devi Setya - detikFood Selasa, 25 Feb 2020 14:30 WIB
kue ulang tahun perawat Foto: istimewa
Jakarta -

Di tengah suasana mencekam akibat serangan virus corona, seorang perawat justru mendapat kejutan manis. Sebuah kue ulang tahun jadi penyemangat.

Wuhan jadi kawasan yang terisolasi karena gempuran virus corona. Segala aktivitas di kota ini sangat dibatasi. Ribuan orang yang terjangkit virus corona harus menjalani perawatan super ketat. Demikian juga bagi para tenaga medis.

Dilansir dari Xinhua Net (24/2) para tenaga medis seperti dokter dan perawat tidak bisa bebas melakukan aktivitas karena terlalu sibuk mengurus pasien. Jangankan untuk merayakan ulang tahun, jam untuk makan dan istirahat pun sangat dibatasi.

Tapi ada kisah manis dan mengharukan yang dialami seorang perawat bernama Liu Xiaomeng. Pada tanggal 13 Februari lalu, adalah hari bahagia bagi Liu karena ini merupakan hari ulang tahunnya.

Kejutan Kue Ulang Tahun Bikin Perawat Pasien Corona Ini TerharuFoto: istimewa


Baca juga : Terisolasi Karena Virus Corona, Ini Cara Warga Wuhan Dapat Pasokan Makanan


Namun karena segala akses dibatasi, Liu hanya menyantap semangkuk mie instan sebagai momen sederhana merayakan ulang tahun. Bagi masyarakat China, menyantap mie di hari ulang tahun mengandung makna panjang umur.

"Saya memberi mie saya dengan tambahan telur. Ulang tahun saya di Wuhan sederhana tetapi bermakna," kata Liu, yang berada di antara ratusan staf medis dari Kota Tianjin, Cina utara, yang membantu dalam memerangi virus mematikan di Wuhan

Liu berusaha menerima kenyataan kalau ulang tahunnya yang ke-31 tidak dirayakan dengan suka cita. Namun betapa terkejutnya Liu ketika ia mendapat telepon dari seorang kurir yang mengatakan hendak mengantar kue ulang tahun.

Mata Liu berkaca-kaca dan mulutnya tak dapat berkata-kata karena mendapat kue ulang tahun ini. Kondisi Wuhan yang sudah seperti kota mati, membuat semua hal yang biasa dilakukan dengan mudah menjadi sangat sulit. Termasuk untuk memesan dan mengirim kue.

Liu tiba di Wuhan sejak 26 Januari 2020 sebagai staf medis yang diterjunkan untuk membantu mengatasi virus corona. Sejak saat itu, Liu lebih sering makan mie instan dibandingkan makanan lain.

Wajar saja jika ia merasa sangat bahagia mendapat kiriman kue ulang tahun di momen hari lahirnya. Kue ini ternyata dipesan oleh keluarga Liu, tentu dengan cara yang tak mudah.

Ratusan toko kue memilih untuk tutup dan berhenti beroperasi. Ayah Liu mencoba menghubungi beberapa toko kue untuk memesan namun hasilnya nihil.

Salah satu pembuat kue akhirnya mau memenuhi pesanan ayah Liu setelah dijelaskan kalau kue ini untuk seorang perawat. Akhirnya kue cantik berwarna merah muda ini sampai ke tangan Liu dengan sempurna. Hal ini juga menjadi semangat bagi Liu karena tahu keluarganya sangat mendukung apa yang sedang ia lakukan.

Kejutan Kue Ulang Tahun Bikin Perawat Pasien Corona Ini TerharuFoto: istimewa


Ayam Liu adalah seorang polisi di Distrik Wuqing di Tianjin. Ia juga bekerja ekstra keras untuk mengamankan warga dari paparan virus corona. Setiap hari ayah Liu mensosialisasikan cara memerangi penyebaran virus.

Baca juga : Duh! 9 Anggota Keluarga Ini Terinfeksi Virus Corona Setelah Makan Hot Pot & BBQ Bareng


"Hari itu, saya merasa seperti orang tua yang mengirim anak ke medan perang. Ini adalah perang tanpa tembakan. Saya sangat bangga bahwa putri saya dapat pergi ke garis depan, tetapi saya sangat frustasi mengetahui bahwa ia mungkin menghadapi risiko infeksi," kata pria 59 tahun itu.

Mengetahui anaknya harus bertugas di rumah sakit dengan pasien corona, ia berpesan pada sang putri untuk terus menjaga kesehatan, banyak minum air putih dan selalu mengenakan masker pelindung.

Di rumah sakit, Liu berbagi kue ulang tahun dengan teman-teman sesama tenaga medis yang bertugas. Ia juga mengungkapkan harapan terbaik bagi dirinya, keluarga, teman dan juga semua pasien virus corona.



Simak Video "Kangen dengan Pecel Sayur di Pasar Baru?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)