Warga Singapura Bikin Okonomiyaki Mie Instan untuk Hadapi Panik Virus Corona

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 23 Feb 2020 07:00 WIB
Okonomiyaki mie instan Singapura Foto: Istimewa
Jakarta -

Virus corona membuat warga Singapura mengarantina diri dengan berdiam di rumah. Jika ingin membuat kreasi makanan, ide pria ini dalam membuat okonomiyaki praktis bisa dicontek.

Virus corona menjangkiti Singapura hingga membuat banyak orang panik. Apalagi pemerintah mengategorikan level waspada virus corona menjadi oranye, satu tingkat di bawah level terparah yaitu merah.

Akibatnya banyak warga Singapura panik. Mereka putuskan menimbun banyak makanan di rumah. Hal ini tergambar dari antrean panjang di supermarket yang memperlihatkan warga Singapura memborong makanan plus kebutuhan sehari-hari.

Warga Singapura Bikin Okonomiyaki Mie Instan untuk Hadapi Panik Virus CoronaFoto: Straits Times Singapura


Stok di berbagai supermarket di sana juga dilaporkan cepat habis. Umumnya mereka mengincar makanan pokok seperti beras dan mie instan. Juga berbagai makanan kalengan yang praktis dibuat dan bisa disimpan dalam jangka panjang.

Baca Juga: Panik Virus Corona, Warga Singapura Habiskan Stok Makanan di Supermarket

Semua stok itu dijadikan bekal saat warga Singapura harus berdiam diri di rumah guna mencegah penularan virus corona. Supaya tak bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja, seorang netizen di sana membagikan resep okonomiyaki praktis berbahan mie instan.

Dikutip dari Must Share News (21/2), netizen itu bernama Leslie Koh. Di Facebook, ia membagikan resep okonomiyaki mie instan versi dirinya.

Warga Singapura Bikin Okonomiyaki Mie Instan untuk Hadapi Panik Virus CoronaFoto: Istimewa


Bahan yang dibutuhkan adalah mie instan dan makanan kalengan. Bisa juga ditambahkan telur, keju, dan mayonnaise jika suka.

Pertama, makanan kalengan dipotong kecil-kecil. Leslie Koh memakai pork luncheon meat dan jamur kalengan. Tapi sebenarnya daging ini bisa diganti dengan kornet daging sapi atau lainnya.

Kedua, rebus mie instan. Pastikan tidak terlalu matang karena mie nantinya akan dimasak lagi di atas wajan. Kira-kira tingkat kematangannya 70% saja. Setelah itu angkat dan tambahkan sedikit minyak supaya mie tidak lengket nantinya.

Warga Singapura Bikin Okonomiyaki Mie Instan untuk Hadapi Panik Virus CoronaFoto: Istimewa


Selanjutnya, masak mie di atas wajan dengan tambahan sedikit minyak. Ratakan mie hingga melebar dan menyebar di atas permukaan wajan. Gunakan spatula untuk meratakan.

Setelah mie matang, masukkan 2 butir telur yang sudah dikocok. Pastikan menyelimuti semua permukaan mie hingga tampilannya mirip omelet nantinya. Setelah itu balik adonan.

Warga Singapura Bikin Okonomiyaki Mie Instan untuk Hadapi Panik Virus CoronaFoto: Istimewa


Masukkan topping yang tadi sudah disiapkan. Taruh menyebar di atas permukaan mie. Supaya makin gurih enak, tambahkan keju lembaran. Ketika semua topping sudah matang, lipat okonomiyaki dan sajikan.

Leslie Koh kemudian menuangkan mayonnaise untuk memberi tendangan rasa. Okonomiyaki pun siap dinikmati.

Baca Juga: 5 Konsumsi Hewan yang Dikaitkan dengan Penyebab dan Obat Virus Corona



Simak Video " Ingat! Jangan Asal Konsumsi Frozen Food"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)