Hiii! Restoran Sushi Jorok Ini Meracik Bahan-bahan Sushi di Lantai

Riska Fitria - detikFood Jumat, 21 Feb 2020 14:30 WIB
restoran sushi jorok Restoran sushi jorok yang menyiapkan bahan-bahan di lantai Foto: Istimewa
Jakarta -

Restoran sushi di Washington ini tengah diinvestigasi setelah beredar video yang memperlihatkan pelayan membuat sushi di lantai.

Sushi merupakan makanan khas Jepang yang selalu diminati oleh orang di seluruh dunia. Bahkan di berbagai negara terdapat restoran sushi yang memiliki banyak pelanggan. Namun, sebuah restoran sushi di Washington, Amerika Serikat mendapat julukan buruk yaitu 'restoran sushi jorok'.

Julukan restoran sushi jorok itu diberikan oleh netizen setelah viral sebuah video yang memperlihatkan pelayan di restoran sushi tersebut meracik bahan-bahan untuk membuat sushi di lantai. Video tersebut pertama kali dibagikan oleh pengguna facebook bernama Elijah Osborn.

Hiii! Restoran Sushi Jorok Ini Meracik Bahan-bahan Sushi di LantaiRestoran sushi jorok yang menyiapkan bahan-bahan di lantai Foto: Istimewa

Dilansir dari Newsweek (11/02) restoran sushi jorok itu dikenal dengan nama QQ Sushi & Kitchen di Spokane, Washington. Dari beberapa video yang ia unggah itu tampak pelayan di restoran sushi yang melanggar standar operasional kebersihan.

Bukan hanya menyiapkan bahan-bahan di lantai, tetapi dapur pada restoran sushi tersebut memang sangat jorok dan terlihat menjijikkan. Bahkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat sushi tidak disimpan dengan higienis. Bahan-bahan membuat sushi tersebut justru disimpan di kolong meja.

Bahan-bahan seperti ikan dibiarkan tergeletak begitu saja dengan keadaan masih berlumur darah. Bahkan, daging ikan yang sudah dihaluskan tidak disimpan di lemari es. Hal tersebut bisa menyebabkan daging tersebut turun kualitasnya bahkan busuk.

Hiii! Restoran Sushi Jorok Ini Meracik Bahan-bahan Sushi di LantaiBahan-bahan itu kemudian disimpan di kolong meja Foto: Istimewa

Baca Juga : Jorok! 5 Dapur Restoran Ini Bikin Mual dan Tak Nafsu Makan

"Saya belum pernah melihat seperti itu sebelumnya dalam hidup saya. Betapa menjijikkannya ketika saya melihat mereka menyiapkan bahan-bahan di lantai setiap hari," ujar Osborn.

Tak tinggal diam, Osborn yang merupakan pencinta sushi itu kemudian melaporkan restoran sushi jorok itu ke Spokane Regional Health District (SRHD), sebuah distrik kesehatan setempat.

Video yang diunggah Osborn itu juga menjadi viral mendapat banyak tanggapan negatif dari netizen. Setelah itu, melalui unggahan di laman facebook resminya, restoran sushi jorok itu mengumumkan untuk menutup restorannya sementara.

Hiii! Restoran Sushi Jorok Ini Meracik Bahan-bahan Sushi di LantaiRestoran sushi jorok yang tidak menyimpan daging ikan dengan baik Foto: Istimewa

Bao Zhang, pemilik restoran mengatakan bahwa ia berencana untuk membuka restorannya kembali setelah mendapat izin dari distrik kesehatan SRHD. Lebih lanjut, ia juga akan mengganti seluruh staf dapur dan manajemennya.

"Saya sangat terganggu dengan apa yang saya lihat di video itu. Itu tidak secara akurat menggambarkan saya dan bagaimana saya menjalankan bisnis saya. Saya telah mengoperasikan QQ Sushi selama lebih dari lima tahun," ujar Zhang.

Hiii! Restoran Sushi Jorok Ini Meracik Bahan-bahan Sushi di LantaiKondisi restoran sushi jorok pada ikan-ikan di dapurnya Foto: Istimewa

Menurut Zhang, sebelum dijuluki restoran sushi jorok, QQ Sushi dikenal sebagai restoran sushi yang memiliki penilaian rata-rata 4 dari 5 bintang. Zhang kemudian menyampaikan permohonan maaf dan berjanji akan memantau manajemennya untuk bekerja sesuai standar operasional yang berlaku.

Baca Juga : Pemilik Restoran Jorok Ini Dipenjara dan Harus Bayar Denda 17 Juta



Simak Video "Seru Banget! Racik Sushi Sendiri dengan 100 Pilihan Isian"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)