Pria Ini Nekat Curi 10 Ribu Ekor Ayam dan Chicken Wings untuk Bayar Judi

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 19 Feb 2020 19:30 WIB
Pencurian Ayam Foto: Istimewa
Jakarta -

Karena terlilit hutang judi, pria ini nekat mencuri ribuan ayam dan chicken wings dari pabrik tempatnya bekerja.

Seorang pria asal Malaysia bernama Au Yong Seh Enn ditangkap oleh polisi. Ia terbukti mencuri 10,576 ekor ayam dan lima kardus berisi chicken wings. Karena aksinya ini perusahaan makanan tersebut mengalami kerugian mencapai S$30,500 (Rp 300,677,000).

Dikabarkan Mothership (19/02), pria berusia 33 tahun ini nekat mencuri ribuan ayam dan makanan karena harus membayar hutang judinya. Au Yong bekerja sebagai manajer operasi di Hy-Fesh Industries di Singapura sejak tahun 2013 lalu. Perusahaan ini memang mendistribusikan makanan frozen dan ayam potong yang masih segar.

Pria Ini Nekat Curi 10 Ribu Ekor Ayam dan Chicken Wings untuk Bayar JudiFoto: Istimewa



Langkah pencurian ini semakin dipermudah karena Au Yong yang mengatur pembelian, penjualan, hingga pengiriman ayam kepada pembeli. Namun aksinya ini akhirnya tercium oleh pihak perusahaan yang melihat kekurangan stok dalam jumlah besar di bulan November lalu.

Au Yong memang tak mencuri ribuan ayam itu dalam satu waktu melainkan secara berkala. Seperti di bulan September 2019, ia mencuri 2,337 ayam dan seterusnya hingga angkanya mencapai sepuluh ribu ayam.

Salah satu bawahannya sempat mengabarkan tentang kekurangan stok ayam dan jumlah yang ada di data kepada Au Yong. Ia pun mengatakan akan mengeceknya dan akhirnya memutuskan untuk mengakui perbuatannya pada tanggal 6 Januari lalu.

Pria Ini Nekat Curi 10 Ribu Ekor Ayam dan Chicken Wings untuk Bayar JudiFoto: Istimewa


Au Yong mengaku menjual semua ayam itu ke pihak ke tiga tanpa persetujuan pihak perusahaan untuk mendapatkan uang tambahan. Pendapatan Au Yong dari penjualan ayam ini mencapai S$50,000 - S$60,000 (Rp 492,530,000 - Rp 591,041,000).

Dari keterangan pengadilan, ribuan ayam dan chicken wings yang dicuri oleh Au Yong ini tak pernah ditemukan lagi. Au Yong juga tidak berniat untuk mengembalikan uang tersebut.

Pria Ini Nekat Curi 10 Ribu Ekor Ayam dan Chicken Wings untuk Bayar JudiFoto: Istimewa


Pihak pengadilan pun menjatuhkan hukuman 16 bulan kurungan penjara kepada Au Yong karena tindak pencurian.

Aksi pencurian makanan bernilai ratusan juta rupiah seperti ini bukan pertama kalinya terjadi. Di tahun 2017 lalu tiga pria ditangkap setelah mencuri alpukat senlai Rp 4,2 miliar dari tempat mereka bekerja.

Baca Juga: Bisa Bikin Bangkrut! 5 Pencurian Makanan Ini Bernilai Miliaran Rupiah



Simak Video "Mengintip Warung Angkringan Milik Dimas Seto"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com