Cantik Banget! Lele Barbie, Ikan Lele dengan Kulit Berwarna Pink

Riska Fitria - detikFood Rabu, 19 Feb 2020 11:00 WIB
lele barbie Ikan lele barbie dengan warna pink Foto: Istimewa
Jakarta -

Berkat hasil eksperimennya, seorang pria asal Jepara berhasil mengubah warna kulit lele menjadi merah muda atau pink. Karenanya, lele tersebut diberi nama 'Lele Barbie'.

Lele merupakan sejenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan lele dapat dikenali dengan ciri fisik tubuhnya yang panjang, berkumis, dengan kulit licin dan berwarna hitam. Namun, kini tengah viral ikan lele yang memiliki warna kulit merah muda atau pink.

Dikutip dari Good News From Indonesia (15/02), ikan lele berwarna pink tersebut merupakan hasil rekayasa seorang pria asal Jepara, Jawa Tengah. Pria tersebut bernama Noor Fahrudin yang merupakan peternak lele dan sudah membudidayakan lele sejak tahun 1999. Kemudian, ia terpikirkan untuk memiliki lele dengan warna kulit yang tak biasa.

Cantik Banget! Lele Barbie, Ikan Lele dengan Kulit Berwarna PinkIkan lele Foto: instagram

Mungkin selama ini kita mengenal lele albino, lele yang dikenal dengan warna putih karena hasil dari kawin silang. Namun, Fahrudin menginginkan lele unik yang dihasilkan tanpa kawin silang. Ia pun melakukan riset selama 4 tahun lamanya sebelum akhirnya melakukan eksperimen.

Hingga akhirnya pada awal tahun 2020, ia berhasil merekayasa hingga terciptanya lele berwarna pink berkat eksperimennya. Dalam eksperimennya tersebut ia melakukan rekayasa pada lele jenis dumbo dengan mengubah hormon lele dengan asupan dan pola makan tanpa mengubah genetiknya.

Baca Juga : Huah..huah Disengat Pecel Lele si Raja

Fahrudin kemudian memberi makanan lele-lelenya tersebut berupa daun pepaya dan daun singkong yang dicampur dengan protein nabati dan hewani. Dedauan hijau itu lebih dulu difermentasi hingga warnanya berubah menjadi oranye.

Cantik Banget! Lele Barbie, Ikan Lele dengan Kulit Berwarna PinkIkan lele barbie berwarna pink Foto: Istimewa

Sebab jika tidak difermentasi, maka tidak akan membuat kulit ikan lele menjadi berubah. Fahrudin memberi makanan tersebut untuk lele yang ia ternak selama 4 tahun.

Di tahun ketiga ada indikasi berhasil, karena ikan lele tersebut lahir dengan warna zebra. Lalu di tahun 4 baru ikan lele lahir dengan warna pink. Warna kulitnya yang lucu dan tidak biasa tersebut akhirnya Fahrudin memberi nama 'Lele Barbie' dan menjadi viral.

Berdasarkan eksperimennya, warna pink pada kulit ikan lele dihasilkan karena pada dedaunan mengandung zat klorofil atau zat hijau daun yang ditambah dengan protein secara terus-menerus. Selain itu, Fahrudin seberusaha mungkin untuk memberi pakan ternak lelenya dengan pakanan yang ia buat sendiri.

Cantik Banget! Lele Barbie, Ikan Lele dengan Kulit Berwarna PinkIkan lele barbie berwarna pink Foto: Istimewa

Tak hanya tampak cantik saja, lele barbie tersebut juga mengandung serat dalam jumlah yang tinggi. Dagingnya juga disebut lebih kenyal dibandingkan dengan lele biasanya.

Lele barbie itu juga dipasarkan secara luar oleh Fahrudin. Warna pink tersebut menarik perhatian banyak orang, sehingga membuat banyak pembeli yang tertarik untuk membeli lele barbie tersebut. Apalagi banyak orang tak suka lele karena warna kulitnya abu-abu gelap sehingga mirip ular.

Baca Juga : Kocak! Begini Ekspresi YouTuber Korea Cicip Lele Goreng Pertama Kali



Simak Video "Resep Domba Beulem Sambal Campolay"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)