Makan Buffet Berisiko Tularkan Virus Corona? Ini Tips Sehatnya

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 15 Feb 2020 13:30 WIB
Family taking food in self service restaurant in hotel. A lot of domestic colorful food is served. Family with two children. Buffet dapat menularkan virus corona? Foto: iStock
Jakarta -

Makanan banyak dikaitkan dengan penyebaran virus corona. Sekarang ini muncul dugaan makan di restoran berkonsep buffet berisiko tularkan virus corona.

Sejak kemunculannya, virus corona telah banyak memakan korban jiwa. Oleh karena itu masyarakat di seluruh dunia mencari informasi tentang virus corona, mulai dari upaya untuk mencegah hingga hal-hal yang berisiko tularkan virus mengerikan tersebut.

Makanan menjadi unsur utama dalam kedua hal itu. Sehingga banyak bermunculan dugaan-dugaan tentang makanan yang dapat menyebarkan virus corona. Seperti yang baru-baru ini ramai dan menjadi keresahan.

Makan Buffet Berisiko Tularkan Virus Corona? Ini Tips SehatnyaFoto: iStock

Ada dugaan makan di restoran buffet disebut berisiko tertular virus corona. Dugaan berawal ketika sebuah pertemuan bisnis di hotel berbintang di Singapura dikaitkan dengan kasus virus corona.

Dilansir dari Straits Times (14/02) dalam pertemuan bisnis tersebut diisi agenda makan bersama dengan konsep buffet. Berupa cara penyajian makanan dalam cara prasmanan.

Baca Juga : Duh! 9 Anggota Keluarga Ini Terinfeksi Virus Corona Setelah Makan Hot Pot & BBQ Bareng Curhatan Pelayan Sajikan Ribuan Makanan di Kapal Pesiar Karena Virus Corona

Jadi, orang dapat mengambil menu makanan sendiri sesuai yang diinginkan secara bergantian. Konsep ini dikenal juga dengan sebutan prasmanan.

Seorang ahli bernama Profesor William Chen mengatakan konsep makan buffet, dimana pengunjung menyentuh sendok yang sama, melakukan kontak dekat dengan orang lain dapat mengakibatkan risiko penularan virus corona yang lebih tinggi. Kecuali makanan tersebut dipanaskan di atas 60 derajat celsius.

Makan Buffet Berisiko Tularkan Virus Corona? Ini Tips SehatnyaFoto: iStock

"Virus corona akan dihancurkan oleh pemanas, sehingga membuatnya tidak menular," ungkap Profesor William Chen.

Lebih lanjut, Profesor William Chen menjelaskan virus tidak bisa berkembang biak dalam makanan, karena virus membutuhkan inang yang hidup untuk berkembang biak. Meskipun begitu, berwaspada tetap harus dilakukan untuk melindungi diri dari virus corona.

Makan Buffet Berisiko Tularkan Virus Corona? Ini Tips SehatnyaFoto: iStock

Ada beberapa tips makan sehat ketika makan secara prasmanan atau buffet seperti berikut.

1. Memanaskan makanan dan menjaganya tetap hangat di atas 60 derajat celsius. Seperti yang disebutkan oleh Profesor William Chen bahwa panas akan menghancurkan selubung virus corona. Kemudian pada nampan-nampan tempat makanan juga harus tersedia alat penutupnya.

2. Selalu menyediakan sanitizer tangan untuk menjaga tangan agar tetap bersih. Menurut Prof Li Dan, tips tersebut dapat membantu mengurangi risiko penularan virus corona.

3. Hindari makan bersama dengan kelompok yang besar. Hal tersebut bisa memberi peluang virus corona kemudian menyebar. Makan dalam kelompok lebih kecil akan membantu meminimalkan penularan. Pakar keamanan pangan, Loych Lee juga menegaskan untuk menghindari daerah yang ramai.

Baca Juga : Duh! 9 Anggota Keluarga Ini Terinfeksi Virus Corona setelah Makan HotPot BBQ Bareng



Simak Video "Kangen dengan Pecel Sayur di Pasar Baru?"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)