Ini Trik Foto Bakso agar Kelihatan Menggugah Selera

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 15 Feb 2020 15:00 WIB
Tips foto bakso Foto: YouTube Togi Panjaitan Photography
Jakarta -

Foto makanan butuh trik agar hasilnya menggugah selera. Untuk bakso, fotografer makanan ini ungkap cara praktis yang bisa ditiru.

Semakin banyak orang tertarik mengetahui seluk beluk foto makanan. Diperlukan berbagai trik supaya makanan nantinya tampak menggugah selera, namun di sisi lain tetap terlihat natural.

Fotografer makanan komersial pun belakangan jadi salah satu profesi incaran banyak orang. Salah satu yang sukses adalah Togi Panjaitan. Ia baru saja membuat akun YouTube, Togi Panjaitan Photography, dengan konten seputar tips dan trik membuat foto makanan.

Ini Trik Foto Bakso agar Kelihatan Menggugah SeleraFoto: YouTube Togi Panjaitan Photography


Video keduanya pada 9 Februari 2020 berjudul 'Tips dan Trik Foto Bakso'. Hingga berita ini ditulis, video sudah ditonton lebih dari 480 kali. Togi juga mengungkap berbagai perlengkapan yang ia pakai untuk memotret, mulai dari jenis kamera, lensa, sampai pengaturannya.

"Gue akan ajarin cara memotret dan men-styling sebuah bakso. Salah satu makanan yang paling digemari orang Indonesia," kata Togi di awal video. Ia melanjutkan, "Bakso itu enak tapi karakter makanannya agak susah difoto karena dia ada kuahnya dan ada baksonya juga. Ada bihunnya dan sayurnya kadang-kadang. Semua direndam di kuah."

Baca Juga: 5 Tips dan Trik dari Profesional untuk Dapatkan Foto Makanan yang Cantik

Ini Trik Foto Bakso agar Kelihatan Menggugah SeleraFoto: YouTube Togi Panjaitan Photography


Untuk trik foto makanan pertama, Togi menganjurkan pisahkan semua komponen bakso. "Bakso, kuah, mie, dan taburan bawang dipisah. Nanti semua akan disusun kembali di satu mangkok yang sudah kita ganjal bawahnya," ujarnya. Ganjalan yang dimaksud nantinya bisa membuat bakso tidak tenggelam ke kuah dan masih terlihat di permukaan.

Togi melanjutkan, "Untuk pengganjalnya biasanya saya gunakan agar-agar yang terbuat dari kuah bakso. Kenapa agar-agar? Bisa juga pakai pengganjal lainnya, tapi pakai agar-agar permukaannya lebih rata. Lebih gampang mengatur baksonya."

Ini Trik Foto Bakso agar Kelihatan Menggugah SeleraFoto: YouTube Togi Panjaitan Photography


Agar-agar bakso itu lantas dituang ke mangkok bakso. Ukurannya bisa setengah tinggi mangkok atau lebih sedikit. "Taruh semuanya di mangkok bakso. Kalau leveling baksonya mau variatif, tinggal dikorek (agarnya)," kata Togi.

Terakhir, ia memakai minyak sayur untuk ciptakan efek bakso menggugah selera dan seperti baru dibuat. Pakai kuas untuk mengoleskan sedikit minyak ke permukaan tiap bakso. Setelah itu, tuangkan sedikit kuah bakso sungguhan.

Ini Trik Foto Bakso agar Kelihatan Menggugah SeleraFoto: YouTube Togi Panjaitan Photography


Saat memotret Togi menyarankan pemakaian cahaya matahari alami. Ia juga menunjukkan foto jika bakso tidak dipercantik. Hasilnya foto lebih tenggelam sehingga tekstur dan tampilannya tidak terekspos maksimal.

Banyak netizen merasa tips dan trik foto bakso ini mudah dipahami dan dipraktekkan. Mereka juga ramai meminta tips dan trik untuk foto makanan lain seperti ketoprak hingga es krim!

Baca Juga: Foto-foto Dari Puluhan Tahun Ini Ungkap Tentang Kisah Makanan



Simak Video "Bikin Ngiler! Twitter Diramaikan #NanaChallenge"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)