Masak Apa Hari Ini : Soto Tangkar dan Semur Jengkol yang Sedap

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 13 Feb 2020 08:30 WIB
soto tangkar Foto: Istimewa
Jakarta -

Hidangan Betawi punya keunikan rasa dan bumbu. Selain sedap, hidangan Betawi juga gampang dibuat. Mau bikin soto tangkar atau semur jengkol? Ini resepnya.

Betawi atau yang dulu dikenal sebagai Batavia merupakan kelompok masyarakat asli Jakarta. Kuliner Betawi mendapat pengaruh dari China, Belanda dan Sunda karena lokasinya ada di Jawa Barat. Karenanya kuliner Betawi merupakan 'melting pot' rasa yang unik dan enak.

Selain soto Betawi dan sup kambing, masyarakat Betawi punya soto tangkar. Dahulu soto ini dijajakan dengan gerobak keliling kampung dan kini masih ada di beberapa lokasi. Iga sapi jadi ciri khas soto ini.

Jengkol banyak dihindari karean aromanya yang tajam. Padahal jika bisa mengolahnya, jengkol yang renyah dan nutty sangat enak rasanya. Apalagi dibumbui semur khas Betawi yang medok gurih manis rasanya.

Jajanan kaki lima Betawi juga juara. Ada kerak telur hingga es teler yang menggoyang lidah. Juga ketoprak yang dijajakan keliling dengan gerobak atau mangkal di kaki lima. Paduan tahu, tauge dan bihun dengan siraman saus kacang ini sedap dimakan selagi hangat.

Rekomendasi resep-resep hidangan khas Betawi ini bisa jadi alternatif pilihan untuk sajian menu keluarga. Mau pilih yang mana?

Masak Apa Hari Ini : Soto Tangkar dan Semur Jengkol yang SedapFoto: detikfood



1. Soto Tangkar

Olahan iga sapi dan tulang-tulang sapi ini rasanya gurih enak karena memakai banyak rempah. Sebaiknya pilih iga sapi lokal yang dipotong pendek atau kecil dengan sedikit lemak, agar kuahnya tidka terlalu berminyak. Bisa juga ditambahkan tulang kaki atau bagian tulang lainnya.

Rahasia kelezatan soto tangkar tergantung pada bumbunya. Tumis bumbu hingga benar-benar matang, bergumpal kecil dan aromanya harum. Barulah tambahkan ke dalam rebusan iga dan kaldunya. Gunakan api kecil agar bumbu meresap dan kuah tidak menjadi keruh.

Soto tangkar ini paling enak dimakan dengan taburna bawang merah goreng, daun bawang dan sambal rawit. Bisa dimakan dengan nasi atau ketupat. Untuk bahan dan cara membuatnya bisa dilihat di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Soto Tangkar dan Semur Jengkol yang SedapFoto: detikFood

2. Semur Jengkol


Jengkol dikenal sebagai bahan makanan eksotik. Rasanya renyah mirip kacang tetapi beraroma tajam. Padahal jika bisa mengolahnya dengan benar, jengkol bisa jadi semur atau balado yang sedap.

Rebus jengkol yang sudah dikupas hingga benar-benar empuk. Untuk mengurangi aroma tajamnya bisa ditambahkan daun salam dalam air perebusnya. Atau pilih jengkol muda yang baunya kurang tajam.

Saat merebus dengan bumbu semur Betawi, gunakan api kecil agar bumbu meresep dan jengkol menjadi cokelat gelap karena menyerap kecap manis. Setelah kuahnya kental, semur jengkol siap dinikmati dengan lontong sayur atau nasi uduk. Ikuti petunjuk dan tips membuat semur jengkol di sini!

Masak Apa Hari Ini : Soto Tangkar dan Semur Jengkol yang SedapFoto: Dok.Tastemade



3. Ketoprak

Jajanan kaki lima ini biasanya dijual di pagi hari sebagai menu sarapan. Tetapi beberapa penjual justru menjualnya di siang hingga malam hari. Racikan ketoprak terdiri dari tahu goreng, ketupat, tauge dan bihun. Kemudian disiram saus kacang dan dikucuri kecap manis serta disajikan dengan kerupuk kanji.

Untuk mendapatkan ketoprak enak pilih tahu putih yang bagus kualitasnya dengan tekstur yang halus lembut. Demikian juga untuk bihunnya pilih yang berkualitas bagus, tidak kaku dengan warna putih bersih. Bukan putih kebiruan.

Saus kacang ketoprak bisa disiapkan sekaligus. Tuangkan ke atas ketoprak saat akan disajikan dan tambahkan kecap manis. Jangan lupa taburi bawang merah goreng dan kerupuk kanji. Cara membuat Ketoprak bisa dilihat di resep ini.



Simak Video "Resep Semur Jengkol"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)