Agar Kuku Cantik dan Kuat, Gunakan 5 Bahan Alami Perawatan Kuku Ini

Devi Setya - detikFood Senin, 10 Feb 2020 07:30 WIB
kuku Foto: istimewa
Jakarta -

Merawat kuku tak bisa dianggap remeh. Kuku yang bersih dan sehat membuat tampilannya cantik. Merawat kuku juga bisa dengan mengandalkan bahan alami.

Penggunaan cat kuku kadang menjadi pemicu kuku cepat kusam dan tak jarang menjadi rusak. Jangan anggap remeh, merawat kuku harus jadi prioritas juga. Tak perlu menicure dan pedicure, cukup manfaatkan berbagai bahan alami yang mudah ditemui di dapur.



1. Belimbing wuluh

Mau Kuku Cantik dan Kuat? Gunakan Belimbing Wuluh hingga Minyak KelapaFoto: istimewa

Rasa asam segar belimbing wuluh kerap diandalkan para ibu sebagai campuran masakan. Namun lebih dari itu, belimbing wuluh juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan kuku.

Nutrisi dalam belimbing wuluh mampu membuat kuku semakin kuat. Asam dari belimbing wuluh juga mmbantu untuk menjadi pemutih alami kuku. Cara penggunaannya cukup remas belimbing wuluh menggunakan kuku lalu olesi secara merata. Lakukan dengan rutin agar hasilnya maksimal.


Baca juga : Rutinlah Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Kuku Tak Mudah Patah dan Kusam


2. Lemon

Kuku yang sehat memiliki tampilan warna putih bersih. Kuku yang berwarna kuning menjadi tanda kalau kuku sedang dalam keadaan tak sehat. Coba ambil satu iris jeruk lemon atau jeruk nipis.

Olesi jeruk nipis ini pada seluruh permukaan kuku. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air hangat. Sebelum mengoleskan air jeruk nipis dan lemon, sebaiknya pastikan tidak ada luka di tangan karena air lemon akan terasa perih.



3. Bawang Putih

Mau Kuku Cantik dan Kuat? Gunakan Belimbing Wuluh hingga Minyak KelapaFoto: istimewa

Khasiat bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk membuat kuku sehat. Bumbu masak berwarna putih ini bisa jadi masker kuku yang mudah dibuat dan murah meriah.

Untuk menggunakannya cukup haluskan bawang putih dengan cara diparut lalu oleskan tipis-tipis pada kuku. Bawang putih berkhasiat untuk membuat kuku menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah patah.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun berkhasiat untuk membuat kuku menjadi lentur. Kuku yang diolesi minyak zaitun secara rutin juga tampak lebih mengilap. Cara ini bisa diandalkan karena sama sekali tak memiliki resiko.

Cukup olesi minyak zaitun pada permukaan kuku lalu diamkan selama beberapa menit. Cuci tangan hingga bersih dan keringkkan dengan handuk. Untuk hasil maksimal, lakukan cara ini berulang secara rutin.

Baca juga : Wow, Cat Kuku Unik Ini Jika Dijilat Rasanya 'Smoke Barbeque Ribs'

5. Minyak kelapa

Mau Kuku Cantik dan Kuat? Gunakan Belimbing Wuluh hingga Minyak KelapaFoto: DW (SoftNews)

Minyak kelapa juga bisa jadi penguat kuku alami. Kuku yang sering dioleskan minyak kelapa akan memiliki tekstur yang lentur sehingga tak mudah patah. Minyak kelapa juga membantu melembutkan kulit tangan.

Beri pijatan lembut pada kuku dan tangan ketika mengoleskan minyak kelapa. Lakukan cara ini beberapa menit agar sirkulasi darah di tangan juga lebih lancar.



Simak Video "Bikin Laper: Manis Gurih Tongseng Wagyu dan Sumsum Tulang"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)