3 Hal Penting Tentang Telur Rebus yang Perlu Kamu Ketahui

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 10 Feb 2020 05:30 WIB
Halaman 2 dari 4
12 trik bikin telur rebus mulus Foto: Istimewa

1. Menyimpan telur rebus

Cara yang paling mudah adalah merebus beberapa telur rebus sekaligus kemudian disimpan. Jika akan mengonsumsinya tinggal mengupasnya saja. Tapi bagaimana cara menyimpan telur rebus yang benar? Menurut Emily Rubin RD, LDN dari Thomas Jefferson University Division of Gastroenterology and Hepatology, seperti dikutip dari Today (8/2), telur rebus harus disimpan dalam kulkas setelah 2 jam. Sebaiknya dibuang jika lebih dari 2 jam di suhu ruangan.

Rubin menganjurkan untuk menyimpan telur rebus masih bersama cangkangnya dalam kulkas agar terjaga kebersihan dan rasanya. Kupas saat akan dikonsumsi. Ini agar kualitas telur rebus terjaga. Jika agak lengket atau sulit dikupas, berarti telur masih segar saat direbus.

Hindari menyimpan telur rebus dalam freezer dengan tujuan agar lebih awet. Suhu dingin akan membuat putih telur kenyal keras kayak karet. Saat dilumerkan dalam suhu ruang teksturnya jadi rusak. Tetapi kuning telur rebus bisa dibekukan. Karenanya pisahkan putih dan kuning telur rebus jika akan dibekukan.

(odi/odi)