Tersesat 34 Hari di Hutan, Ibu dan Anak Ini Bertahan Hidup Makan Buah Liar

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 08 Feb 2020 18:00 WIB
Tersesat di Hutan Foto: Istimewa
Jakarta -

Seorang ibu dan ketiga anaknya tersesat di dalam hutan Amazon di Peru. Untuk bertahan hidup mereka memakan buah liar yang ada di hutan.

Maria Olivia Perez pergi bersama ketiga anaknya ke perkebunan milik mantan suaminya, yang terletak di Bellavista. Perjalanan yang seharusnya ditempuh dalam waktu 90 menit ini, tiba-tiba berubah menjadi perjalanan panjang selama 34 hari. Karena mereka tersesat di dalam hutan Amazon.

Baca Juga: Hanya Minum Air Hujan, Wanita Ini Bertahan Hidup di Hutan Usai Kecelakaan Pesawat

Maria tersadar bahwa mereka tersesat di dalam hutan, dan akhirnya ia memutuskan untuk bermalam di bawah pohon saat hujan deras. Keesokan harinya Maria dan ketiga anaknya yang masih 10-14 tahun kembali mencari jalan pulang, tapi tetap tersesat di dalam hutan.

Tersesat 34 Hari di Hutan, Ibu dan Anak Ini Bertahan Hidup Makan Buah LiarFoto: Istimewa


Dilansir dari Daily Mail UK (07/02), Maria dan ketiga anaknya tidak makan selama lima hari. Mereka bertahan hidup dengan meminum air yang jatuh dari pepohonan. Kemudian Maria memutuskan untuk menangkap ikan, dan anak-anaknya pun menyantap ikan mentah hasil tangkapannya dari sungai.

Lewat foto-foto yang tersebar, ketiga anaknya mengalami penurunan berat badan yang drastis. Ditambah dengan kondisi kulit kering yang mengelupas.

Maria juga mengaku bahwa selain ikan segar, mereka juga bertahan hidup dengan buah liar yang tumbuh di dalam hutan. Setiap harinya mereka menyantap buah liar yang ditemukan dalam hutan, dan mengesampingkan fakta bahwa buah liar itu bisa saja beracun.

Tersesat 34 Hari di Hutan, Ibu dan Anak Ini Bertahan Hidup Makan Buah LiarFoto: Istimewa


"Saya tidak suka dengan buah yang ada biji-bijian, karena saya pikir buah liar itu bisa saja beracun. Tapi jika anak-anak saya memakan buah liar itu dan ternyata mereka meninggal, saya tidak mau sendirian di dalam hutan. Jadi saya juga ikut memakan buah liar tersebut," ungkap Maria

Maria mengaku bahwa ia sudah berteriak dan meminta pertolongan, tapi bantuan itu tidak pernah datang. Sang mantan suami menyadari hilangnya Maria dan ketiga anaknya, ia pun segera melapor ke kantor polisi dan melakukan pencarian.

Lebatnya hutan Amazon mempersulit pencarian. Maria bahkan berpikir bahwa dia dan anak-anaknya akan mati kelaparan di dalam hutan. Untungnya mereka menemukan seorang nelayan dengan kapal kayu melintas di sungai itu.

Tersesat 34 Hari di Hutan, Ibu dan Anak Ini Bertahan Hidup Makan Buah LiarFoto: Istimewa


Nelayan itu pun langsung menyelamatkan Maria dan anak-anaknya yang sudah berada di dalam kondisi kritis. Saat ditangani tim medis, Maria dan anak-anaknya mengalami kekurangan gizi dan kelaparan. Beruntung mereka bisa bertahan hidup karena menyantap buah liar di hutan.

Kisah perjuangan hidup seperti ini bukan pertama kalinya terjadi. Sebelumnya Keluarga Robertson yang berasal dari Inggris sempat terdampar di tengah lautan selama enam minggu. Untuk bertahan hidup mereka memakan daging hingga darah kura-kura.

Baca Juga: 6 Minggu Terdampar di Lautan, Keluarga Ini Makan Daging dan Darah Kura-kura



Simak Video "Teci Sukabumi, Rasanya Melekat di Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)