Tips Simpan Potongan Alpukat di Kulkas Agar Tak Kecokelatan

Riska Fitria - detikFood Jumat, 07 Feb 2020 13:30 WIB
tips menyimpan alpukat Tips menyimpan alpukat Foto: iStock
Jakarta -

Potongan alpukat jika dibiarkan akan menjadi kecokelatan. Ada cara praktis untuk mengatasinya. Ikuti tips simpan potongan alpukat di kulkas ini.

Potongan alpukat yang kecokelatan masih aman untuk dimakan, tetapi tampilan yang kurang batu bisa membuat selera makan menjadi menurun. Oleh karena itu berbagai cara pun dilakukan guna membuat potongan alpukat tetap terlihat segar dan cantik.

Seorang wanita asal Selandia Baru melalui laman facebooknya membagikan tips simpan alpukat di kulkas. Caranya gampang sekali. Cukup dengan membungkus potongan alpukat menggunakan lembaran lettuce.

Tips Simpan Potongan Alpukat di Kulkas Agar Tak KecokelatanPotongan buah alpukat segar Foto: iStock

Lettuce atau selada bokor ini bentuk lembarannya cekung seperti mangkuk. Lapisan luarnya biasanya bundar dan agak keras teksturnya. Lembaran ini dipakai untuk membungkus alpukat.

Karena banyak mengandung air lettuce bisa menjaga alpukat tetap segar dan melindungi dari oksidasi dan kelembapan udara kulkas. Lettuce ini juga baik dipakai untuk membungkus roti bun.

Dalam unggahannya tersebut, wanita itu mengatakan bahwa ia tidak sengaja menemukan tip mudah ini. Ini karena ia tidak mau menggunakan kotak plastik.

Tips Simpan Potongan Alpukat di Kulkas Agar Tak KecokelatanLettuce untuk membungkus potongan alpukat agar tetap segar Foto: iStock

Untuk membuktikan bahwa tipsnya tersebut ampuh, ia membagikan foto potongan buah alpukat yang masih tampak hijau. Padahal ia sudah menyimpannya selama seminggu di kulkas.

Baca Juga : Wouw! Alpukat Langka Ini Punya Panjang Hampir Semeter

Tips agar alpukat tetap segar tersebut kemudian banyak dipraktekkan oleh netizen. Pasalnya, selama ini ada yang mengatakan bahwa melubangi alpukat akan mencegahnya menjadi kecokelatan.

Banyak yang yang percaya dengan mitos tersebut, karena hal itu bisa mencegah aliran udara ke arah alpukat. Namun, cara tersebut tetap saja membuat alpukat menjadi berubah warna.

Tips Simpan Potongan Alpukat di Kulkas Agar Tak KecokelatanHasil alpukat yang tetap segar ketika dibungkus dengan lettuce Foto: Istimewa

Cara lain untuk mencegah potongan alpukat menjadi kecokelatan adalah memakai air jeruk nipis atau lemon. Kucuri potongan alpukat dengan air jeruk nipis atau lemon hingga rata. Alpukat tetap segar, warnanya tetap mulus dan rasanya makin enak karena air jeruk tersebut.

Di samping itu buah alpukat memang dikenal dengan julukan superfood, karena banyak menawarkan manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti mampu menyehatkan kulit dan rambut berkat kandungan vitamin E di dalamnya.

Selain itu dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah, mengontrol gula darah hingga melindungi dari kanker. Itu karena buah alpukat memiliki banyak kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak baik dan vitamin dalam jumlah yang tinggi.

Baca Juga : Makan Satu Buah Alpukat Sehari, Ini 5 Manfaat Sehat yang Didapat



Simak Video "Avolato, Paduan Alpukat dan Gelato yang Lezat Menyehatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)