Korban Virus Corona Ini Klaim Sembuh dengan Minum Whisky Plus Madu

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 06 Feb 2020 13:00 WIB
Whisky dan madu untuk obat virus corona Foto: iStock
Jakarta -

Virus corona belum memiliki obat efektif, namun seorang korban di Inggris klaim bisa sembuh. Ia mengandalkan racikan whisky plus madu yang langsung jadi sorotan.

Dikutip dari The Sun (3/2), Connor Reed adalah orang Inggris pertama yang didiagnosa virus corona oleh dokter di China dua bulan lalu. Guru berusia 25 tahun ini bergegas ke rumah sakit usai berjuang melawan sesak nafas dan batuk parah yang merupakan gejala virus corona.

Korban Virus Corona Ini Klaim Sembuh dengan Minum Whisky Plus MaduFoto: Istimewa


Connor yang kala itu terkejut diinapkan di rumah sakit selama 2 minggu. Pria asli Llandudno, North Wales ini sebelumnya sudah tinggal di China selama 3 tahun.

"Saya kaget ketika para dokter mengatakan saya terkena virus (corona). Saya pikir saya akan mati tetapi saya berhasil mengalahkannya," kata Connor. Ia lantas berbagi tips untuk menyembuhkan virus corona versi dirinya.

Connor menganggap penggunaan inhaler efektif. "Saya menggunakan inhaler yang membantu mengendalikan batuk dan minum whisky panas dengan madu sampai habis," kata Connor. Ia melanjutkan, "Ini adalah obat kuno, tetapi sepertinya berhasil."

Korban Virus Corona Ini Klaim Sembuh dengan Minum Whisky Plus MaduFoto: iStock


Dalam pengobatan tradisional China, whisky hangat memang kerap dikonsumsi. Fungsinya bisa menghangatkan tubuh sekaligus mengobati flu. Selain dengan madu dan lemon, whisky juga kerap dicampur rempah seperti cengkeh dan kayu manis.

Baca Juga: Makan Harus Sendiri, Kantin di China Terlihat Seperti Tempat Ujian karena Virus Corona

Dokter sebenarnya memberikan obat virus corona untuk Connor, namun ia menolak. Connor tak mau menelan antibiotik yang diresepkan karena ia memang tidak mau minum obat sama sekali.

Guru Bahasa Inggris di Wuhan ini menambahkan, "Saya sudah tidak bekerja dan bos saya berpikir kami akan beroperasi kembali dalam beberapa minggu, tapi saya tidak begitu yakin." Menurutnya Wuhan kini seperti kota hantu sungguhan.

Korban Virus Corona Ini Klaim Sembuh dengan Minum Whisky Plus MaduFoto: Istimewa


"Hampir tidak ada orang di jalan dan toko-toko kehabisan buah dan sayuran segar. Tidak ada obat atau masker yang tersisa di apotek. Jika Anda pergi tanpa masker, polisi akan menangkap," kata Connor.

Ia bilang Kantor Urusan Luar Negeri di China seolah tidak tertarik mengetahui dirinya terinfeksi virus corona. "Mereka terus bertanya apakah saya ingin pulang, tapi sayang bilang tidak. Saya akan terus di sini. Saya membuktikan virus corona bisa disembuhkan," tuturnya.

Korban Virus Corona Ini Klaim Sembuh dengan Minum Whisky Plus MaduFoto: Istimewa


Kini para ahli di China tengah mengusahakan penemuan obat efektif untuk virus corona. Dilansir dari detikcom (4/2), Duta Besar (Dubes) China untuk Indonesia Xiao Qian menyebut para ahli-ahli di China berupaya menggabungkan teknik pengobatan tradisional Tiongkok dan Barat.

Menurut Xiao, percobaan itu masih terus berlanjut. Ia mengatakan penggabungan metode tersebut membawa progres yang baik. "Dan saya juga sudah tahu cara tradisional Tiongkok dan cara western mereka masing-masing mendapat progres yang cukup baik," ujarnya.

Baca Juga: Dubes China: Para Ahli Gabungkan Metode Tradisional-Barat Temukan Obat Corona



Simak Video " Ingat! Jangan Asal Konsumsi Frozen Food"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)