Masak Apa Hari Ini : Sup Tofu dan Rempeyek Udang

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 05 Feb 2020 08:30 WIB
tofu atau tahu segar Foto: iStock
Jakarta -

Sup tofu yang gurih lembut enak dimakan hangat. Lauknya ayam goreng Korea favorit anak-anak. Santapan makin meriah dengan rempeyek udang yang renyah.

Tofu atau tahu merupakan salah satu sumber protein nabati yang disukai banyak orang karena rasanya yang lembut gurih. Selain digoreng dan ditumis, tofu juga enak dipadukan dengan telur puyuh dan sayuran untuk sup yang enak.

Sedangkan sayap ayam selalu jadi favorit anak-anak. Apalagi sayap ayam yang digoreng dengan lapisan tepung dan dibalut bumbu khas Korea yang manis, gurih sedikit pedas. Dimakan hangat semakin terasa krenyes enaknya.

Kalau suka yang kriuk-kriuk renyah, udang kecil juga enak dibuat rempeyek. Digoreng garing dengan adonan tepung berbumbu rasanya gurih renyah dan bikin tak bisa berhenti mengunyahnya. Semua pasti suka!

Pilihan resep-resep detikfood ini bisa jadi inspirasi untuk menyajikan menu harian yang selalu menggugah selera.

Masak Apa Hari Ini : Sup Tofu dan Rempeyek UdangFoto: Dok. detikFood



1. Sup Tofu Telur Puyuh

Jenis tahu Jepang yang disebut tofu sangat cocok dibuat sup. Cukup dipotong-potong dan dimasak bersama sup. Tofu ini teksturnya seperti sutera, halus lembut. Tofu ini ada berbagai jenis, seperti egg tofu, shrimp tofu dan tofu biasa.

Sup ini mirip Sweet and Sour Soup gaya Szechuan yang jadi menu populer di restoran China. Ciri khasnya rasanya manis, asam, gurih dan sedikit pedas. Jamur, ayam dan sayuran lain yang diiris kecil panjang jadi ciri khasnya.

Versi lain dari sup ini berisi telur puyuh, daging ayam dan jamur shitake. Sedikit cabai merah membuat sup ini punya sengatan rasa pedas yang enak. Sementara ebi dan air jeruk memberi rasa gurih asam. Kaldunya agak kental dan untuk membuatnya Anda bisa melihat resepnya di sini.

Masak Apa Hari Ini : Sup Tofu dan Rempeyek UdangFoto: Tim Detikfood



2. Ayam Goreng Korea

Ayam goreng Korea atau Yangnyeom Chikin jadi menu banyak restoran fast food bergaya Korea. Tak sekedar dibalut tepung yang digoreng renyah tetapi juga dibalut bumbu. Bumbu yang asam, manis dan gurih bikin nagih.

Bahan utamanya bisa sayap ayam yang dipotong dua. Atau daging ayam yang dipotong jadi 8 - 12 bagian. Usahakan potongannya sama agar bisa matang bersamaan. Yang paing populer memang bagian sayap karena mudah dimakan.

Untuk bumbu olesan atau pelapisnya tingkat kepedasannya bisa sesuai selera. Demikian juga rasa manisnya. Balut sayap ayam yang sudah digoreng tepung dengan saus saat masih panas. Tahapan pembuatan ayam goreng Korea ini bisa dilihat di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Sup Tofu dan Rempeyek UdangFoto: detikcom



3. Rempeyek Udang

Rempeyek yang terbuat dari adonan tepung beras dan tepung terigu selalu disukai karena rasa kriuk renyah yang gurih. Isiannya bisa beragam, seperti kacang tanah, kacang hijau, teri atau rebon.

Variasi rempeyek yang enak dijadikan lauk adalah rempeyek udang. Udang kali atau tambak yang kecil-kecil cocok untuk rempeyek. Bisa dicampurkan utuh dengan kepalanya karena rasanya renyah saat digoreng kering.

Yang penting diperhatikan saat membuat rempeyek udang, tiriskan udang hingga tak berair. Jangan memasukkan udang sekaligus ke dalam adonan karena adonan akan jadi makin encer. Taruh udang secukupnya dalam adonan dan segera sendoki dan goreng dalam minyak banyak dan panas. Resep Rempeyek Udang bisa dilihat di sini!




Simak Video "Bikin Laper: Uniknya Angkringan Garut yang Hidangkan 50 Jenis Sate"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com