3 Racikan Mie Kuah Ini Bisa Bikin Pagimu Jadi Hangat

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 04 Feb 2020 05:30 WIB
3 racikan mie kuah Foto: iStock
Jakarta -

Semangkuk mie kuah tak pernah gagal jadi sarapan terenak di musim hujan. Ada beragam varian racikan yang bisa kamu bikin, praktis dan enak. Sluurp!

Mie kuah atau bakmi kuah atau noodle soup tergolong 'comfort foos', makanan terenak dimakan dalam kondisi terburuk sekalipun. Mie kuah populer di hampir seluruh dunia. Meskipun asalnya dari negeri China. Warga lokalpun menyesuaikan dengan citarasa dan bahan lokal.

Mie sendiri ada yang dibuat dari tepung terigu, tepung beras dan tepung kanji. Tetapi bentuknya tetap silinder kecil dan panjang. Ada yang dijual segar dan ada pula yang kering. Yang paling penting adalah mie yang terbuat dari bahan kenyal sehingga rasanya mulur lembut.

Rahasia kelezatan mie kuah terletak pada kaldunya. kaldu murni dari daging dan tulang ayam atau daging dan tulang sapi merupakan kaldu terbaik. Setelah itu barulah isiannya bisa dipadukan dan dipilih sesuai selera. Yang terpenting, mie kuah harus disajikan hangat bahkan panas mengepul untuk mendapatkan rasa gurih maksimal yang menghangatkan tubuh.



Kalau pagi ini mau meracik mie kuah yang gurih lezat, 3 ide racikan mie kuah ini bisa jadi inspirasi. Sluurp!

3 Racikan Mie Kuah Ini Bisa Bikin Pagimu Jadi HangatFoto: iStock



1. Mie Kuah Ayam

Racikan mie kuah ayam ini terdiri dari mie beras bisa diganti denga mie telur, bokchoy, ayam rebus berikut kaldunya dan irisan daun bawang dan cabai merah sebagai pelengkapnya.

Pertama rebus potongan ayam untuk mendapatkan kaldu yang murni. Sebagai penambah rasa, tumis bawang putih cincang dengan sedikit minyak wijen hingga kuning dan wangi. Masukkan ke dalam rebusan kaldu. Tambahkan sedikit irisan jahe, merica dan garam secukupnya. Masak dengan api kecil.

Untuk penyajian, cukup rebus mie beras atau mie telur dalam air hingga lunak. Angkat lalu taruh dalam mangkuk, beri bokchoy rebus dan tuangkan kaldu ayam berikut potongan daging ayam. Kalau suka bisa ditambahkan irisan cabai dan daun bawang.

3 Racikan Mie Kuah Ini Bisa Bikin Pagimu Jadi HangatFoto: iStock



2. Mie Kuah Jamur Pedas

Jamur merupakan salah satu sayuran yang punya kandungan nutrisi tinggi termasuk beragam mineral. Karenanya disebut sebagai pemberi rasa 'umami' pada makanan. Jamur shitake atau jamur hioko merupakan jenis jamur populer yang sering ditambahkan dalam hidangan berkuah.

Untuk membuat mie kuah ini, siapkan beberapa buah jamur hioko atau shitake, kaldu ayam dan cabai merah bubuk serta bawang putih. Jika ada bisa ditambahkan potongan daging ayam.

Untuk mendapatkan rasa umami, rebus jamur bersama kaldu dengan api kecil. Kemudian tambahkan cabai merah bubuk, bawang putih, merica dan garam secukupnya. Saat akan disajikan tambahkan mie telur yang sudah direbus hingga agak lunak. Jangan terlalu lunak karena kaldu panas akan membuat mie akan makin lonyot.

3 Racikan Mie Kuah Ini Bisa Bikin Pagimu Jadi HangatFoto: iStock



3. Suun Kuah Bakso Sapi

Jika sedang berdiet karbohidrat, Anda bisa menikmati mie kuah ini. Suun yang terbuat dari tepung kacang hijau bisa jadi pilihan. Beli yang berkualitas bagus, seduh air mendidih hingga lunak lalu tiriskan.

Selanjutnya siapkan kaldu sapi yang sedikit berlemak. didihkan kaldu sapi bersama bawang putih cincang yang sudah ditumis. Tambahkan merica dan bubuk, didihkan kembali. Masukkan bakso sapi dan didihkan hingga bakso mengapung.

Untuk sayuran selain tauge bisa ditambahkan sawi hijau atau bokchoy. Untuk tauge cukup seduh air panas sebentar. Untuk penyajian, taruh suun yang sudah diseduh dalam mangkuk. Beri tauge atau sayuran lainnya. Tuangi kaldunya berikut baksonya. Taburi dengan seledri atau daun bawang atau bawang merah goreng.



Simak Video "Klepon Ubi Ungu, Pas Dimakan Saat Sarapan!"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)