Cara Membuat Spaghetti Mushroom dengan 3 Langkah Mudah

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Sabtu, 01 Feb 2020 10:00 WIB
spaghetti tumis jamur Foto: iStock
Jakarta -

Paduan jamur yang kenyal segar dengan spaghetti sangat disukai banyak orang. Membuatnya juga cukup mudah, ikuti 3 langkah ini.

Spaghetti merupakan jenis pasta populer yang mudah dipadu padan dengan aneka bahan dan bumbu. Ini karena rasa spaghetti yang cenderung tawar dengan tekstur dan bentuk mirip mie atau bakmi.

Kebetulan saat ini sedang musim jamur. Jamur shitake, jamur kancing, atau jamur shimeji sangat banyak di pasar. Jamur merupakan sayuran yang mengandung banyak air, vitamin dan mineral. Selain itu tekstur yang kenyal juga memberi rasa umami yang enak.



Jenis spaghetti bisa dipilih sesuai selera, yang agak kecil atau ukuran normal dan terbuat dari gandum utuh atau durum wheat. Untuk membuat Spaghetti Mushroom, cukup ikuti 3 langkah ini.

Cara Membuat Spaghetti Mushroom dengan 3 Langkah MudahFoto: iStock



1. Rebus spaghetti

Didihkan air sebanyak 2,5 liter dalam panci besar. Kemudian masukkan 250 g spaghetti kering dan rebus selama 11-12 menit hingga spaghetti lunak. Angkat dan tiriskan.

2. Tumis jamur

Panaskan 2 sdm mentega, tumis 2 siung bawang putih yang dicincang halus hingga wangi. Masukkan 150 g jamur shitake atau jamur kancing yang diiris tipis. Aduk-aduk hingga jamur menjadi kecokelatan.

Cara Membuat Spaghetti Mushroom dengan 3 Langkah MudahFoto: iStock



3. Masukkan spaghetti

Masukkan spaghetti, tambahkan 200 ml air perebus spaghetti, aduk sebentar. Tambahkan 1/2 sdt merica bubuk, 1 sdt garam, 2 sdm duan basil cincang atau 1 sdt basil kering dan 1 sdt oregano. Aduk-aduk hingga mendidih dan tercampur rata. Angkat dari api dan sajikan hangat. Jika suka bisa ditambahkan keju parmesan parut.



Simak Video "Menyantap Spaghetti Creamy Mushroom di Kafe Instagenik"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)