Durian Enak

Creamy Manis! Durian Mentega dari Lereng Gunung Semeru

Nur Hadi Wicaksono - detikFood Rabu, 29 Jan 2020 16:01 WIB
Durian Mentega Lumajang Foto: Dok. detikFood/Nur Hadi Wicaksono
FOKUS BERITA Durian Enak
Lumajang -

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur terkenal dengan wisata pendakiannya. Tanah yang subur membuat daerah ini juga hasilkan durian enak.

Namun yang paling diburu warga adalah durian mentega. Durian ini tumbuh subur di kawasan lereng Gunung Semeru di antaranya di desa Kertosari Kecamatan Pasru Jambe, Lumajang. Durian jenis ini memiliki kelebihan dibandingkan yang lainnya yakni dagingnya lebih tebal dan lembut serta rasanya lebih manis dan legit. Selain itu, durian mentega di desa Kertosari ini masak pohon sehingga terjamin kualitasnya.

Creamy Manis! Durian Mentega dari Lereng Gunung Semeru Foto: Dok. detikFood/Nur Hadi Wicaksono

"Keistimewaan durian mentega semeru selain tebal dagingnya, manis ada pahitnya. Disamping itu durian ini masak pohon sehingga disukai pelanggan ,ujar Alek petani durian mentega, Selasa (28/01/2020).

Satu biji buah durian dijual dengan harga mulai Rp 20.000 hingga Rp 40.000, tergantung ukuran. Sekali panen Alek bisa memetik hingga 100 - 200 biji durian sehari. Durian jenis ini banyak diminati oleh masyarakat. Para pembeli juga bisa memilih durian sendiri dari pohonnya dan makan di perkebunan durian milik Alek.

Creamy Manis! Durian Mentega dari Lereng Gunung Semeru Foto: Dok. detikFood/Nur Hadi Wicaksono

"Rasanya durian mentega nikmat dan lezat, saya suka durian ini karena rasanya yang manis. Apalagi harganya juga terjangkau " ujar Hadi pembeli durian mentega.

Hal yang senada disampaikan Lukman, pembeli durian mentega, " Saya suka durian mentega karena rasanya manis dan ada sedikit rasa pahitnya. Disamping itu, kita bisa memetik buah durian langsung dari pohonnya dan memakan langsung di area perkebunan durian ini, " ujar Lukman.

Creamy Manis! Durian Mentega dari Lereng Gunung Semeru Foto: Dok. detikFood/Nur Hadi Wicaksono

Buah durian kaya akan manfaat bagi tubuh, yakni mengandung antioksidan, kalium dan serat. Nah, bagi pencinta durian yang sedang berkunjung ke kabupaten Lumajang, jangan lupa mampir mencicipi buah durian mentega ini. Mumpung sekarang sedang musimnya.



Simak Video "Nyam! Habis Mendaki Semeru Langsung Sikat Durian Menteganya"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Durian Enak