Makanan Khas Sunda, Jawa Barat yang Enak Ada di Sini

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 29 Jan 2020 11:00 WIB
masakan sunda Makanan khas Sunda, Jawa Barat. Foto: detikFood
Jakarta -

Suka dengan masakan Sunda? Kamu bisa langsung datang ke delapan tempat ini. Ada nasi timbel hingga ayam goreng basah yang disajikan plus sambal pedas. Mau coba?

Makanan khas Sunda, Jawa Barat memang sangat diminati bagi pecinta makanan gurih dan pedas. Penggunaan petai ataupun kencur menjadi salah satu daya tariknya. Kangen dengan masakan rumahan Sunda, kamu tak perlu jauh-jauh berplesiran.

Di Jakarta, sejumlah restoran dan warung punya masakan Sunda yang sedap. Berikut beberapa rekomendasi makanan khas Sunda terdekat yang bisa kamu coba:

1. Ikan Bakar Cianjur

Makanan khas Sunda, Jawa Barat. Makanan khas Sunda, Jawa Barat. Foto: Istimewa

Makanan Sunda adalah masakan yang populer di kalangan orang Sunda dan memiliki citarasa yang berbeda dengan masakan Jawa. Ikan Bakar Cianjur jadi salah satu restoran makanan sunda di Jakarta Pusat yang dapat disambangi pecinta makanan gurih pedas.

Sesuai dengan namanya, restoran ini menawarkan beragam ikan bakar gaya Sunda yang enak. Andalannya adalah ikan gurame bakar yang enak disantap dengan nasi liwet. Selain itu ada juga nila bakar, nila pesmol, hingga nila pepes yang enak dinikmati bersama dengan nasi putih hangat.

Ikan Bakar Cianjur

Jl. Batu Tulis Raya No. 39

Pecenongan, Jakarta Pusat

Telp: 021 3507788

2. Lembur Kuring

Makanan khas Sunda, Jawa Barat. Makanan khas Sunda, Jawa Barat. Foto: dok. detikFood

Hidangan tradisional Sunda jadi menu andalan rumah makan ini. Kamu dapat mencicip nasi tutug rangginang, gurame bakar dan nasi tutug oncom. Selain itu ada juga sayur asem, sambal cobek hingga tumis tauge ikan asin.

Tak hanya hidangan Sunda, di restoran ini juga terdapat beberapa sajian seafood yang enak. Tertarik mencoba?

Lembur Kuring

Jl. Kapten Soebianto Djojohadikusumo, BSD, Serpong

Telp: 021 53156655

3. Saung Fitri

Makanan khas Sunda, Jawa Barat. Makanan khas Sunda, Jawa Barat. Foto: Detikfood

Bagi kamu yang sedang berada di Depok, bisa coba mencicip hidangan menu Sunda di Saung Fitri. Makanan khas Sunda, Jawa Barat di sini beragam, mulai dari olahan ikan gurame, ikan mas, ayam goreng, ayam bakar, udang serta daging sapi.

Salah satu menu andalan yang wajib dicoba adalah gurame fillet dengan paduan sambal mangga. Irisan sambal mangga muda berlumur saus kemerahan memiliki sensasi rasa gurih enak.

Saung Fitri

Jl. Kartini Raya No. 35, Pancoran Mas, Depok

Telepon: 021-77203470

4. Bensunda

https://www.detik.com/tag/makanan-sundaMakanan khas Sunda, Jawa Barat. Foto: Devi S. Lestari/detikFood

Cocok untuk tanggal tua. Bensunda bisa jadi pilihan menu makan siang bagi kamu yang berada di kawasan Jakarta Selatan. Ini ialah salah satu bisnis Ruben Onsu, kalian bisa makan kenyang sepuasnya hanya Rp 30 ribu.

Ada belasan sayuran dan lauk, mulai dari tempe penyet, tahu balado, tumis oncom leunca, sayur asem, tumis sawi, ayam cabai hijau hingga sayur asem. Selain paket All You Can Eat Rp 30 ribu, kalian juga dapat memesan menu ala carte.

BenSunda

Jl. Gandaria 1 No. 336

Kramat Pela, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan

5. Sambel Hejo Sambel Dadak

Makanan Khas Sunda, Jawa Barat yang Enak Ada di SiniMasakan khas Sunda, Jawa Barat. Foto: iStock

Makanan khas Sunda di Tebet yang bisa kamu coba ialah Sambel Hejo Sambel Dadak. Restoran Sunda ini memiliki menu andlaan berupa ayam goreng basah dan sambal dadaknya. Sambal dadak memiliki rasa yang pedas dengan sensasi tomat dan jeruk nipis yang segar.

Makin enak disantap dengan ayam goreng basah berwarna kekuningan. Teksturnya empuk namun tidak garing. Dijamin mantap!

Sambal Hejo Sambal Dadak

Jl. Tebet Timur Dalam 2 No. 34

Tebet, Jakarta Selatan

6. Talaga Sampireun

Masakan khas Sunda, Jawa BaratMasakan khas Sunda, Jawa Barat Foto: Istimewa

Restoran ini memiliki beberapa cabang yang ada di Pondok Aren hingga Puri Indah. Semua cabangnya memiliki ruang yang luas dan nyaman. Aneka makanan khas Sunda di Jakarta Barat ini bisa kamu nikmati secara lesehan atau duduk di meja dan kursi. Dengan nuansa yang rindang, tempat ini cocok untuk bersantai dengan keluarga sambil menikmati pemandangan ikan-ikan di dalam kolam.

Menu khas Sunda yang jadi andalannya ialah aneka sambal serta ikan gurame goreng yang garing. Mau coba?

Talaga Sampireun

Jl. Lingkar Luar Barat

Puri Indah, Jakarta Barat

Telp: (021) 80602045

8. Gubug Makan Mang Engking

Masakan khas Sunda, Jawa BaratMasakan khas Sunda, Jawa Barat Foto: iStock/Detikfood

Sesuai namanya, rumah makan di kawasan Universitas Indonesia (UI) ini menawarkan suasana gubug asri. Pemandangannya danau UI yang bikin betah berlama-lama. Soal menu andalan, Gubug Mang Engking punya udang bakar madu hingga aneka ikan goreng dan sambal mantap. Menu seafood lain seperti ikan gurame dan cumi juga tersedia. Jangan lupa pesan karedok dan cah kangkung saat ke sini.

Gubug Mang Engking

Danau Salam, Universitas Indonesia, Beji

Telp: 021 99569150

Jadi makanan khas Sunda mana yang paling kamu suka?



Simak Video "Gurih Lezat Tongseng Kambing Pak Agus di Masjid Sunda Kelapa"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)