Ini Arti Kode yang Tertulis pada Bungkus Nasi Padang

Riska Fitria - detikFood Selasa, 28 Jan 2020 18:00 WIB
Nasi Padang with beef rendang, brain cow curry and omelet Bungkus nasi padang yang unik Foto: Istimewa
Jakarta -

Bukan karet gelang, tiap bungkus nasi Padang biasanya diberi tulisan oleh pelayan warung makan. Ternyata itu kode yang punya arti.

Siapa yang tak suka nasi Padang? jangankan orang asli Indonesia, orang asing pun banyak yang kepincut dengan kelezatan masakan tanah Minang ini. Selain rasanya yang lezat, nasi Padang mempunyai banyak keunikan ketika dibungkus.

Baru-baru ini ada keunikan bungkus nasi padang yang menjadi ramai diperbincangkan di twitter. Keunikan bungkus nasi padang tersebut dibagikan oleh akun twitter bernama @infosumbar (27/01).

Ini Arti Kode yang Tertulis pada Bungkus Nasi PadangNasi Padang Foto: iStock

"Kalau beli nasi bungkus di rumah makan, biasanya tiap bungkus nasi padang akan diberi tanda sesuai dengan lauk di dalamnya. Coba lauk apa yang ada di bungkus nasi Padangmu?," tulisnya.

Dalam unggahan tersebut, pemilik akun twitter juga menyertakan sebuah foto yang memperlihatkan sebungkus nasi padang dengan kode 'ABK'. Banyak yang belum tahu, bahwa kode unik tersebut digunakan oleh pemilik warung nasi Padang untuk memberi tanda.

Tanda tersebut berfungsi sebagai pembeda berdasarkan lauk yang ada di dalam bungkus nasi padang yang satu dengan bungkus nasi padang lainnya. Kode unik itu ditulis secara manual oleh pemilik warung nasi Padang dengan menggunakan pulpen.

Ini Arti Kode yang Tertulis pada Bungkus Nasi PadangBungkus nasi padang Foto: Twitter @infosumbar

Baca Juga : Heboh Boikot Nasi Padang, Ketahui 5 Fakta Unik Soal Rumah Makan Padang

Kode unik itu wajib ditulis, apalagi ketika pembeli memesan beberapa bungkus nasi Padang dengan lauk-pauk yang berbeda-beda. Seperti pada kode 'ABK' yang tertulis pada bungkus nasi Padang tersebut memiliki kepanjangan 'Ayam Baka'.

Kode itu mengartikan bahwa di dalam bungkus nasi Padang itu diberi lauk berupa Ayam Baka. Selain 'ABK' juga ada kode-kode unik lainnya yang sering ditulis di bungkus nasi Padangnya.

Seorang netizen dengan akun @bujang_minang menambahkan kode unik itu ada antara lain seperti DD untuk Dendeng, R untuk Randang, TJ untuk Tunjang, AG untuk Ayam Gulai, IB untuk Ikan Baka, DL untuk Dendeng Lambok.

Ini Arti Kode yang Tertulis pada Bungkus Nasi PadangSeporsi Nasi Padang Foto: iStock

Ternyata keunikan nasi padang tidak hanya pada kode unik yang ada di bungkusnya saja, tetapi juga pada porsi makannya. Kamu pasti menyadari kalau porsi nasi Padang akan lebih banyak ketika dibungkus daripada ketika makan di tempat.

Selain itu rasa nasi Padang yang dibungkus juga jauh lebih lezat. Konon, porsi nasi Padang yang dibungkus dibuat lebih banyak karena penjual memang sengaja melakukan itu agar nasi Padang dapat dinikmati bersama-sama keluarga.

Sedangkan nasi padang yang dibungkus dirasa lebih lezat, karena bumbu masakan sudah meresap ke dalam nasi. Belum lagi terkena aroma daun pisang sebagai pembungkusnya yang dilapisi kertas. Tetapi kini banyak warung nasi Padang memakai kertas berlapis plastik atau dikemas dalam kardus. Tentu saja jadi kehilangan keunikannya.

Baca Juga : Suka Nasi Padang? Ini 5 Fakta Tentang Rumah Makan Padang yang Perlu Anda Ketahui



Simak Video "Menjajal Makanan di Resto Atta Halilintar, Enak Nggak Sih?"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)