Rekomendasi Makan Siang

Gurih Segar Garang Asem Khas Solo Ada di 5 Tempat Ini

Devi Setya - detikFood Senin, 27 Jan 2020 12:00 WIB
Foto: istimewa
Jakarta -

Sensasi makan siang dengan menu garang asem bukan hanya bisa dirasakan di Solo saja. Di Jakarta juga banyak rumah makan yang tawarkan garang asem.

Garang asem merupakan salah satu olahan ayam khas Jawa Tengah yang disukai banyak orang. Dibuat dari potongan kecil ayam kampung yang diberi bumbu sederhana. Irisan cabai, bawang merah, belimbing sayur dan daun salam dan dibungkus daun pisang. Kemudian dikukus hingga ayam lunak dan mengeluarkan kaldunya.

Tetapi di daerah lain di Jawa Tengah juga ada garang asem yang berupa hidangan berkuah dengan isian daging sapi atau ikan. Kuahnya kecokelatan seperti pindang atau sup. Garang asem ayam khas Solo lebih disukai orang karena rasanya gurih, sedikit asam dan pedas.

Mau makan garang asem enak di Jakarta? Yuk sambangi 5 rumah makan yang punya menu andalan garang asem Solo ini.

1. Waroeng Solo

Gurih Segar Garang Asem Khas Solo Ada di 5 Tempat IniFoto: istimewa


Seporsi garang asem hangat dengan kuah gurih pedas bisa dinikmati di Waroeng Solo. Restoran yang ada di bilangan Kemang, Jakarta Selatan ini memang menawarkan aneka makanan khas Indonesia terutama dari Jawa Tengah.

Garang asem di sini diolah menggunakan ayam kampung sehingga rasanya lebih gurih. Selain garang asem, aneka sajian tradisional lainnya juga tak kalah menarik. Ada nasi liwet Solo, selat Solo, botok mlanding hingga tengkleng.

Waroeng Solo
Joglo@ Kemang
Jl. Madrasah No. 14, Kemang
Jakarta Selatan
Telepon : (021) 78849898

2. Garang Asem Mas Djatmiko
Warung sederhana di bilangan Condet, Jakarta Timur ini punya menu garang asem andalannya. Paduan santan dengan bumbu bawang merah, cabai rawit dan belimbing wuluh membuat garang asam makin menggoda.

Garang asam disajikan hangat, kuah kaldu yang menggenang pada garang asem semakin memperkuat rasa gurihnya. Tekstur daging ayam terasa lembut karena dikukus secara perlahan. Makin enak lagi, garang asem disantap dengan nasi putih hangat.

Garang Asem Mas Djatmiko
Jl. Raya Condet No. 12, Gedong
Pasar Rebo, Jakarta Timur
Telepon (021) 29835376

3. Garang Asem Solo Pak De Broto

Gurih Segar Garang Asem Khas Solo Ada di 5 Tempat IniFoto: istimewa


Bergeser ke Tangerang, ada kedai garang asem yang siap memanjakan lidah. Di sini garang asemnya bisa dipilih mau bagian paha atau dada. Disajikan hangat dengan kepulan asap tipis membuat garang asem ini memancing selera.

Tak hanya garang asem, ada juga menu ikan patin asem-asem, lele goreng, pepes ikan dan menu lainnya. Buat yang suka pedas, ada sambal gledek yang siap bikin melek.

Garang Asem Solo Pak De Broto
Jl. Otista Raya No.81, Ciputat
Tangerang
Telepon 087779264743

4. Waroeng Wong Solo

Gurih Segar Garang Asem Khas Solo Ada di 5 Tempat IniFoto: istimewa


Potongan ayam kampung berdaging lembut siap membelai lidah. Ditambah lagi kuah santannya yang gurih sedap dengan tambahan irisan belimbing wuluh dan cabai rawit merah.

Kalau suka pedas, Anda bisa menyantapnya bersama potongan cabai rawit. Dijamin keringat langsung bercucuran dan bikin semangat makan. Tentu saja di warung ini bukan hanya ada menu garang asem, Anda bisa menikmati seporsi nasi gudeg Solo hingga tengkleng kambing yang tak kalah sedap.

Waroeng Wong Solo
Jl. Boulevard Blok AA 4 No. 29-30
Gading Serpong
Tangerang
Telepon (021) 71156504

5. Dapur Solo

Gurih Segar Garang Asem Khas Solo Ada di 5 Tempat IniFoto: istimewa


Banyak makanan khas Solo autentik yang bisa dinikmati di sini. Ragam nasi mulai dari nasi langgi dan nasi liwet Solo bisa dinikmati di sini. Ada juga selat Solo, lontong Solo dan timlo Solo. Tapi yang pasti ada garang asem yang mantap.

Harum sedap garang asem bisa jadi pilihan makan siang yang mantap. Rasa asamnya yang segar diperoleh dari belimbing wuluh dan irisan tomat hijau. Kuah santan yang bercampur kaldu membuat garang asem ini makin menggoda.

Dapur Solo Ny. Swan
Jl. Danau Sunter Utara No. 35-37
Jakarta Utara
Telepon (021) 6405812



Simak Video "Gurih Sedap Ayam Kampung dan Garang Asem Khas Jawa"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)