Keren! Astronot Ini Berhasil Memanggang Biskuit Chocolate Chip di Luar Angkasa

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 27 Jan 2020 10:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta -

Pertama kalinya dalam sejarah, kue chocolate chip berhasil dipanggang di luar angkasa. Waktu memanggangnya pun lebih pendek daripada di bumi. Kok bisa ya?

Eksperimen di luar angkasa kerap dilakukan para ilmuwan untuk menemukan fakta-fakta menarik. Tak hanya berkutat dengan dunia astronomi, para ilmuwan tersebut juga melakukan eksperimen pada tanaman dan makanan.

Seperti yang dilansir dari Fox News (23/1), astronot yang berlokasi di Stasiun Luar Angkasa Internasional Nanoracks melakukan eksperimen dengan makanan. Mereka memanggang kue chocolate chip langsung di luar angkasa.

Keren! Astronot Ini Berhasil Memanggang Biskuit Chocolate Chip di Luar AngkasaIlustri biskuit chocolate chip Foto: iStock

Biasanya memanggang kue kering memerlukan waktu cukup lama, setidaknya lebih dari 30 menit. Tapi astronot ini memanggang biskuit hanya dalam 25 menit saja. Namun untuk waktu 25 menit ini hasilnya tidak terlalu matang.

Baca Juga: Kirim Burger ke Luar Angkasa, Pria Ini Rekam Perjalanan Burgernya

Adonan kue chocolate chip tersebut dimasak menggunakan oven khusus yang diberi nama Zero G Oven. Suhu yang diperlukan dalam memanggang kue kering adalah 149°C

Lalu astronot bernama Luca Parmitano ini melakukan pemanggangan hingga 5 kali. Dan kue kering ke empatlah yang memiliki hasil matang merata, biskuit ke empat ini dipanggang dengan kurun waktu 2 jam (120 menit).

Keren! Astronot Ini Berhasil Memanggang Biskuit Chocolate Chip di Luar AngkasaFoto: iStock

Ia pun mencoba untuk memanggang kue kering kelima dengan waktu agak lama sedikit yaitu 130 menit. Kue tersebut dipanggang dalam suhu 163°C, dan hasilnya jauh lebih baik dan memiliki aroma lebih harum dibandingkan dengan kue pertama yang tidak matang.

Cita rasa dari kue tersebut tidak diketahui seperti apa karena tidak dijelaskan oleh para astronot. Kue chocolate chip tersebut langsung dikemas di dalam wadah spaceflight setelah matang untuk diuji kembali apakah bisa dimakan atau tidak.

Pada Juni 2019 lalu, astronot di luar angkasa pun sudah berinisiatif untuk memanggang kue chocolate chip. Bahkan mereka sudah menentukan hotel dengan jarak tempat memanggang kue sejauh 200 mil di atas bumi. Kue DoubleTree tersebut menjadi makanan pertama yang dipanggang di luar angkasa.

Baca Juga: Nyamm! Astronot di Luar Angkasa Mendapat Kiriman Es Krim hingga Pizza



Simak Video " Ingat! Jangan Asal Konsumsi Frozen Food"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)