Mau Coba? Tren Baru Celupkan Testis ke Kecap Asin dan Jus Jeruk

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 26 Jan 2020 12:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta -

Banyak tren aneh di dunia maya. Baru-baru ini banyak pria celupkan testis mereka ke dalam kecap asin, untuk membuktikan apakah testis bisa menyecap rasa.

Dalam beberapa bulan terakhir aplikasi video TikTok, dibanjiri dengan pengguna baru di seluruh dunia. Selain tren dengan video jogetnya, TikTok juga dipenuhi dengan tren aneh yang berhubungan dengan makanan. Seperti tren makan sereal dari mulut ke mulut, hingga tren celupkan testis ke dalam kecap asin.

Baca Juga: Gorengan Hingga Kerang, 5 Makanan Unik Berbentuk Alat Kelamin Pria

Dilansir dari Storypick (26/01), tren ini berawal dari seorang pengguna TikTok bernama Reegan, yang tak sengaja membaca sebuah penelitian pada tikus, yang menyebutkan bahwa testis bisa mengecap rasa dan mendeteksi rasa. Ia pun menantang para pengguna TikTok lainnya untuk membuktikan teori ini.

Mau Coba? Tren Baru Celupkan Testis ke Kecap Asin dan Jus JerukFoto: Istimewa


Hasilnya seorang pengguna Instagram bernama @axljames, menjadi relawan dan melakukan eksperimen dengan testisnya sendiri. James mengambil satu wadah kecil berisi kecap asin, lalu mengoleskannya ke bagian testisnya. Lalu dalam hitungan detik James berteriak tak percaya, karena dia benar-benar merasakan kecap asin di mulutnya, meski dia mengoleskannya ke testisnya.

Tren ini pun langsung viral di TikTok hingga di YouTube, banyak pria yang penasaran dan ingin mencobanya sendiri. YouTuber bernama Matthew Lush juga menambahkan jus jeruk ke dalam testisnya, dan ia masiih bisa merasakan jeruk di lidahnya.

Mau Coba? Tren Baru Celupkan Testis ke Kecap Asin dan Jus JerukFoto: Istimewa



Bahkan ada juga pengguna TikTok yang membuat video tutorial tentang cara merasakan makanan dari testis. Melihat tren viral ini, ahli medis justru mengatakan bahwa teori testis bisa mengecap rasa merupakan hal yang tidak benar.

Dokter Kieran Kennedy yang berasal dari Melbourne, Australia, menyebutkan bahwa belum ada bukti medis spesifik, yang menjelaskan hubungan antara testis dan pengecap rasa, entah di hewan mau pun manusia.

"Sebenarnya saya tidak ingin menjadi dokter yang menghancurkan kesenangan banyak orang. Namun faktanya, belum ada bukti medis spesifik bahwa testis bisa mengecap atau mengenali rasa. Belum ada bukti medis yang bisa mendukung teori bahwa pria, bisa merasakan sesuatu lewat testis mereka. Hal ini juga berlaku pada hewan," jelas Kieran.

Mau Coba? Tren Baru Celupkan Testis ke Kecap Asin dan Jus JerukFoto: Istimewa



Menurut Kieran sendiri fenomena yang dialami oleh orang-orang ini, disebut hanya khayalan saja, yang sebenarnya tidak pernah terjadi.

"Ketika kalian memikirkannya, jika Anda memikirkan atau bersiap untuk merasakan makanan yang asin atau asam, kalian akan menyadari bahwa air liur mulai berubah rasanya menjadi asin atau asam. Ditambah dengan fakta bahwa para pria ini, sebelumnya sudah menyiapkan kecap asin, dan mereka sudah berekspektasi tentang rasa asin di lidah mereka, sehingga muncullah anggapan bahwa testis benar-benar bisa mengecap rasa," pungkas Kieran.

Sebelumnya, pada tahun 2013 lalu muncul sebuah penelitian dari Monell Chemical Senses Center di Philadelphia, Amerika Serikat. Penelitian ini menyebutkan bahwa mereka menemukan dua protein, yang merupakan komponen reseptor rasa di dalam testis tikus.

Meski begitu mereka mengklaim bahwa mereka tidak memiliki bukti medis atau penelitian lebih lanjut, untuk menentukan apakah testis pria bisa juga mengecap rasa.

Baca Juga: Mau Coba Sarapan Ekstrem? Burrito Berisi Testis Banteng

Mau Coba? Tren Baru Celupkan Testis ke Kecap Asin dan Jus Jeruk


Simak Video "Pasar Modern Paramount, Surganya Kuliner Malam"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)