Burger Unik di Resto Ini Dimakan dengan Pedang Katana Jepang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 26 Jan 2020 17:00 WIB
Foto: Sora News 24
Jakarta -

Burger unik kembali hadir di Jepang. Kali ini pengunjung bisa merasakan sensasi memotongnya pakai katana alias pedang panjang khas Jepang!

Burger unik mudah ditemui negeri sakura, khususnya di Tokyo, dimana resto burger berlomba-lomba menawarkan kreasi uniknya. Misalnya cheeseburger blueberry dengan tampilan nyentrik hingga burger yang dipilih Donald Trump saat ke Jepang.

Salah satu yang juga populer adalah Shogun Burger di kawasan Shinjuku. Sejak lama gerai burger ini diminati turis internasional karena patty-nya dibuat 100% dari wagyu berkualitas. Semakin menarik perhatian karena kini mereka memperkenalkan cara baru penyajian burger.

Burger Unik di Resto Ini Dimakan dengan Pedang Katana JepangFoto: Sora News 24


Dikutip dari Sora News 24 (24/1), burger edisi terbatas ini disajikan dengan pedang katana. Berupa pedang panjang khas Jepang yang biasa dipakai samurai.

Bukan pedang biasa karena pihak resto bekerja sama dengan Nikken Cutlery dari kota Seki di Gifu. Sejak lama daerah tersebut terkenal dengan produksi pedang panjangnya yang penuh sejarah.

Ada dua pedang yang bisa dicoba yaitu Oda Nobunaga dan Tokugawa leyasu. Dua pedang ini adalah pedang milik samurai yang paling terkenal. Oda Nobunaga hadir di tahun 1534-1582, sedangkan Tokugawa leyasu dari tahun 1543-1616.

Burger Unik di Resto Ini Dimakan dengan Pedang Katana JepangFoto: Sora News 24


Pedang katana yang disajikan di Shogun Burger memang versi mini dari yang sesungguhnya, namun bukan berarti pedang ini kekurangan nilai istimewanya. Pasalnya pedang masih dibuat dengan teknik pembuatan pedang katana tradisional.

Butuh waktu dan usaha ekstra untuk memproduksi tiap pedang katana. Jika diperhatikan detail, permukaan pedang ini menampilkan baja yang dilunakkan, seperti pada pedang samurai tradisional.

Kehadiran pedang katana bukan hanya bikin burger terlihat unik, tapi juga berfungsi sebagai pisau pemotong. Pisau ini tajam bahkan bisa merobek kertas dengan cepat dan rapih.

Burger Unik di Resto Ini Dimakan dengan Pedang Katana JepangFoto: Sora News 24


Shogun Burger juga menyesuaikan pedang katana dengan memakai bahan-bahan yang aman untuk makanan. Bahan metal pada pedang juga cukup kuat untuk menahan burger.

Nama menu burger unik ini adalah Honnoii no Hen Burger. Diambil dari "The Honnoji Incident" yaitu kejadian dimana Oda Nobunaga melakukan bunuh diri paksa karena jendral samurai Akechi Mitsuhide tahun 1582.

Burger Unik di Resto Ini Dimakan dengan Pedang Katana JepangFoto: Sora News 24


Burger unik ini juga terasa enak karena dipadukan soy sauce dan wasabi. 'Rasa' Jepangnya begitu kental. Ada juga pemakaian selada segar, cream cheese, dan beberapa bahan lain yang membuat burger terasa juicy dan fresh.

Karena Shogun Burger hanya memiliki 350 pedang katana, maka penjualan burger ini setiap hari juga terbatas. Kalau tertarik mencicip, burger unik ini dibanderol 4.300 yen atau sekitar Rp 536.000, sudah termasuk minuman dan kentang goreng.

Burger Unik di Resto Ini Dimakan dengan Pedang Katana Jepang


Simak Video "Nikmatnya Madumongso yang Bikin Ketagihan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)