Wajib Dicicip! Gurih Lembut Ikan Marlin Bakar Khas Makassar

Muhammad Nur Abdurrahman - detikFood Selasa, 21 Jan 2020 17:45 WIB
Foto: dok. detikFood Muhammad Nur Abdurrahman
Jakarta - Kota Makassar terkenal dengan olahan seafood. Selain ikan baronang, ikan kakap, dan ikan kerapu, ada juga ikan marlin bakar yang gurih lembut dagingnya.

Menu ikan bakar khas Makassar punya ciri khas berupa pelengkap beberapa jenis sambalnya. Seperti sambal tomat tumis, sambal bumbu kacang, sambal rica, atau sambal dengan campuran irisan mangga muda dan tomat mentah.

Menu ikan marlin bakar bisa dinikmati di beberapa lokasi di Makassar. Namun tempat yang terkenal bagi penggemar ikan marlin ada di rumah makan (RM) Ramanda, Jalan Jaya Dg Nanring, Kelurahan Barombong, Kec. Tamalate.

Wajib Dicicip! Gurih Lembut Ikan Marlin Bakar Khas MakassarFoto: dok. detikFood Muhammad Nur Abdurrahman

Area rumah makan ini cukup lapang dan bersih. Jaraknya juga tidak begitu jauh dari kawasan Tanjung Bunga atau Pantai Losari.

Ikan marlin segar berukuran besar, dibeli dari nelayan di pelelangan ikan Beba, Kab. Takalar. Ikan lalu dipotong-potong menjadi beberapa bagian, seperti bagian kepala dan potongan badan ikan.

Menurut pemilik RM Ramanda, Ikram Kadir, untuk menikmati setiap potong ikan marlin bakar cukup merogoh kocek Rp50 ribu per orang, sudah termasuk nasi dan sayur-sayur pelengkapnya. Seperti sayur santan atau sayur bening. Khusus bagian kepala ikan marlin sedikit lebih mahal dibandingkan bagian tubuh ikan lainnya.

"Tempat makan Ramanda sudah ada sekitar 10 tahun lalu, kami buka dari pukul 07.00 pagi hingga pukul 10.00 malam," ujar Ikram, Selasa (21/1/2020).

Wajib Dicicip! Gurih Lembut Ikan Marlin Bakar Khas MakassarFoto: dok. detikFood Muhammad Nur Abdurrahman

Menurut Lukman, salah satu pelanggan setia RM Ramanda, menu ikan marlin bakar, selain sedap disantap, juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, seperti protein tinggi dan kaya Omega 3.

Selain untuk dikonsumsi, ikan marlin juga menjadi buruan primadona bagi komunitas pemancing, khususnya di perairan Sulawesi. Ikan marlin yang berukuran lebih besar dari ikan laut lainnya. Mereka juga sering menyerang para pemancing, seperti yang terjadi di perairan Buton Selatan, moncong ikan marlin menancap di leher bocah berusia 12 tahun, bernama Muhammad Idul, Sabtu lalu (18/1).

Baca Juga: Serangan Ikan Marlin hingga Tembus Leher Bocah Sering Terjadi di Buton?

Simak Video "Nikmat! Menyantap 3 Ikan Populer Makassar dengan Sambal Khas"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)