Cara Membuat Omelet Jagung ala Thai Buat Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 21 Jan 2020 05:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Biar agak mengenyangkan, omelet bisa ditambah dengan isian sayuran. Seperti omelet gaya Thailand ini. Rasanya pedas, gurih dan sedikit manis. Sedap!

Sayuran merupakan salah satu bahan menyehatkan yang bisa dipadukan dengan olahan telur seperti orak-arik atau omelet. Selain membuat rasanya lebih enak, sayuran bisa memberi asupan nutrisi berupa vitamin, mineral dan serat.

Selain bayam, jagung manis bisa jadi pilihan untuk memperkaya rasa olahan telur. Dalam 100 g biji jagung manis mengandung 96 kalori, 21 g karbohidrat, 2.4 g serat, juga vitamin A,C, D, E dan K dan vitamin B. Karena mengandung karotenoid jagung sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Sebaiknya gunakan jagung manis segar, pipil bijinya dan rebus sebentar hingga lunak. Tiriskan hingga airnya habis. Jangan terlalu lama merebus agar jagung tetap renyah dan manis rasanya.

Ikuti 3 langkah ini untuk membuat omelet jagung manis ala Thailand.

Cara Membuat Omelet Jagung ala Thai Buat SarapanFoto: iStock


1. Jagung manis dan bumbu

Siapkan 3 butir telur ayam, 2 sdm biji jagung manis rebus, 1 sdm daun bawang yang diiris halus, 1 sdt cabai merah bubuk, 1 sdm tepung terigu, 1/2 sdt merica bubuk dan1 sdt garam.

2. Kocok telur

Kocok telur hingga berbuih. Masukkan tepung terigu, cabai bubuk, merica dan garam. Kocok hingga rata. Masukkan jagung manis dan daun bawang, aduk hingga rata.

Cara Membuat Omelet Jagung ala Thai Buat SarapanFoto: iStock


3. Masak omelet

Panaskan wajan datar 22 cm di atas api sedang. Tuangkan adonan jagung manis ke dalam wajan. Masak hingga kelilingnya membeku dan agak kering. Balikkan omelet dan masak hingga kedua sisinya kecokelatan dan matang. Angkat, sajikan hangat dengan saus cabai botolan.

Simak Video "Resep Omelet Keju Panggang"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)