Nasi Lesah Magelang yang Berkuah Gurih Ini Cocok Buat Penghangat Pagi

Eko Susanto - detikFood Senin, 20 Jan 2020 07:30 WIB
Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang - Kuliner khas Magelang tak hanya kupat tahu saja. Ada nasi lesah yang mirip soto dengan kuah santan yang gurih. Enak dinikmati hangat.

Nasi lesah atau soto lesah ini salah satunya bisa ditemukan di Warung Makan (WM) D' Lesah yang berada di Jalan Kalingga No 15, Magelang. Bagi pecinta kuliner yang menikmati nasi lesah ini akan mendapatkan bonus suasana jadul yang nyaman.

Suasana jadul ini terlihat dari hiasan sepeda onthel di depan dengan topinya, kemudian ada beberapa foto tempo dulu mengenai Magelang. Foto-foto tersebut di pasang di dinding. Kemudian, ada hiasan kaca, wayang, setrika, lampu gantung maupun meja dan kursi kayu bernuansa tempo dulu. Dekorasi ini pun kadang dimanfaatkan para pembeli untuk foto-foto maupun selfie.


Nasi Lesah Magelang yang Berkuah Gurih Ini Cocok Buat Penghangat PagiSuasana Warung Makan D' Lesah di Jalan Kalingga No 15 Magelang. Foto: Eko Susanto/detikcom


Adapun seporsi nasi lesah di sini dijual seharga Rp 8.000, kemudian teh manis Rp3.000. Yang spesial nasi lesah di sini menggunakan daging ayam kampung. Kemudian yang suka dengan wedang uwuh juga bisa menikmatinya.

"Nasi lesah sebangsa soto dengan kuah santan. Untuk nasi lesah ini ada nasi, santan, tauge, tahu, mie putih dan daging ayam," kata Kasmi (56), saat ditemui detikcom di lokasi jualannya, Sabtu (18/1/2020).

Nasi Lesah Magelang yang Berkuah Gurih Ini Cocok Buat Penghangat Paginasi lesah atau soto lesah ini mirip dengan soto berkuah santan. Foto: Eko Susanto/detikcom


Nasi lesah tersebut biasanya disajikan mulai sore hingga malam hari. Hal ini berbeda dengan di warungnya justru sebaliknya disajikan mulai pagi hingga sore hari.

"Warung ini buka mulai jam 06.30 sampai 16.00 WIB. Dulunya, kami berjualan di rumah melayani pesanan-pesanan saja, sekarang di sini," ujarnya.

Ia menjual nasi lesah meneruskan orang tuanya. Warung yang dikelola bersama Muwarni (49) tersebut, konsepnya memang suasana tempo dulu. Kemudian, sambil menikmati nasi lesah bisa mendengarkan alunan lagu-lagu tembang kenangan.

Nasi Lesah Magelang yang Berkuah Gurih Ini Cocok Buat Penghangat PagiSeporsi nasi lesah seharga Rp8.000. Foto: Eko Susanto/detikcom


"Konsepnya kepingin tempo dulu, belum ada seperti ini. Kami pakai ayam kampung karena lebih gurih," tuturnya.

Untuk para pembeli nasi lesah datang dari sekitar Magelang dan luar kota. Para pembeli ada yang datang dari Salatiga, Semarang, Ambarawa, Jogja dan lainnya.

Nasi Lesah Magelang yang Berkuah Gurih Ini Cocok Buat Penghangat PagiAyam kampung goreng yang jaid isian nasi lesah. Foto: Eko Susanto/detikcom


Tampilan nasi lesah ini mirip soto berkuah santan. Santan sebagai kuahnya terasa gurih sedikit manis. Bumbunya juga terasa gurih. Isian nasi lesah ini mirip soto, bihun, tauge dan suwiran ayam kampung.

Sebagai pelengkapnya, mirip soto ada tempe goreng, tempe mendoan atau perkedel. Ditambah sambal rasanya makin gurih menyegarkan. Cocok buat penyemangat pagi. Apalagi udara Magelang dingin sejuk.



Simak Video "Menggoda! Pedasnya Ikan 'Mangut Beong' Khas Magelang "
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)