Rekomendasi Makan Siang

Gurih Empuk Ayam Kalasan Plus Sambal Bajak Bisa Dinikmati di Sini

Devi Setya - detikFood Jumat, 17 Jan 2020 12:00 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Ayam kalasan punya ciri khas rasa yang manis gurih. Teksturnya yang empuk semakin nikmat disantap dengan sambal dan nasi putih hangat. Sedap!

Ayam goreng Kalasan jadi pelopor ayam goreng tradisional yang enak. Ayam dari desa Kalasan ini dibuat dari ayam kampung. Diungkep dengan bumbu hingga meresap dan digoreng hingga kering berikut kremesannya. Jodohnya sambal bajak yang pedas menyengat.

Makan siang dengan menu ayam Kalasan memang jadi pilihan tepat. Apalagi ayam Kalasan juga disajikan dengan sambal bajak dan lalapan sayuran segar. Mau makan ayam kalasan siang ini? Mampir ke 5 tempat ini saja!

1. Ayam Kalasan Borobudur
Gurih Empuk Ayam Kalasan Plus Sambal Bajak Bisa Dinikmati di SiniFoto: istimewa

Ayam goreng kalasan di kedai Borobudur ini sudah terkenal lezat. Ayam yang sudah diungkep kemudian digoreng garing dan disajikan dengan kremesan yang renyah dan gurih asin.

Pelengkapnya ada tempe, tahu goreng, lalapan, sambal dan aneka menu pelengkap lainnya. Ayam goreng disajikan hangat-hangat jadi menambah selera makan. Kalau suka pete goreng, jangan sungkan memesannya ya.

Ayam Kalasan Borobudur
Jl. Jelambar Baru Raya No. 39B
Jelambar, Grogol Petamburan
Jakarta Barat
Telepon : (021) 5679865

2. Ayam Kalasan Bapak Marjo
Di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan ada ayam goreng kalasan yang siap menggoyang lidah. Warung makan ayam kalasan Bapak Marjo ini termasuk versi klasik.

Ayam yang sudah diungkep kemudian digoreng garing namun bagian dagingnya empuk juicy. Ayam disajikan dengan sambal yang super pedas. Makan nasi dengan ayam kalasan ini dijamin bikin makan siang makin semangat.

Ayam Kalasan Bapak Marjo
Jl. Panglima Polim III, Melawai
Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
Telepon : 085714564916

3. Rumah Makan Kedungsari
Gurih Empuk Ayam Kalasan Plus Sambal Bajak Bisa Dinikmati di SiniFoto: Detikfood

Ayam goreng kalasan juga bisa jadi santapan di rumah makan Kedungsari. Di sini ada paket ayam kalasan yang murah meriah. Sepaket ayam kalasan berisi nasi, satu potong ayam kalasan goreng, lalapan dan sambal.

Meski terkenal murah tapi ayam kalasan ini punya rasa yang nendang. Ada semburat rasa manis khas gla jagwa dan gurih air kelapa pada daging ayam. Ayam juga empuk juicy.

RM Kedungsari
Jl. Raya Perjuangan, Sebelah RCTI
Kebon Jeruk
Jakarta Barat
Telepon : (021) 5362539

4. Ayam Kalasan Sedap Rasa 88
Di Jakarta Timur ada restoran ayam kalasan yang juga bisa jadi pilihan tempat bersantap. Ayam goreng kalasan di sini terkenal dengan teksturnya yang empuk dan rasanya gurih sedikit manis. Cocok disantap dengan cocolan sambal.

Selain ayam kalasan, tempat makan ini juga menawarkan aneka menu lainnya seperti empal dan sayur asem. rea tempat makan yang bersih dan luas menjadikan pengunjung merasa nyaman saat makan.

Ayam Kalasan Sedap Rasa 88
Jl. Pisangan Lama III No. 65, Pisangan Timur
Pulogadung, Jakarta
Telepon (021) 4759532

5. Ayam Goreng Kalasan Muara Karang 179
Gurih Empuk Ayam Kalasan Plus Sambal Bajak Bisa Dinikmati di SiniFoto: istimewa

Ayam goreng kalasan di sini diolah menggunakan ayam pejantan jadi teksturnya lebih padat dan rasanya lebih gurih. Ayam diungkep dengan tambahan air kelapa dan gula merah hingga warnanya kecoklatan lalu digoreng hingga garing.

Tak hanya itu, ayam kalasan ini juga dilengkapi kremes garing yang gurih mantap. Kalau suka pedas bisa menyantapnya langsung dengan sambal yang disajikan terpisah.

Ayam Goreng Kalasan Muara Karang 179
Jl. Muara Karang Raya Blok A7 No. 179
Pluit, Penjaringan
Jakarta Utara
Telepon (021) 6697437

Simak Video "Ayam Goreng Serundeng Beraroma Nan Gurih"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)