Cara Membuat Kopi Air Kelapa yang Segar dan Bikin Melek

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 16 Jan 2020 05:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Selain kopi panas, kopi cold brew juga jadi favorit banyak orang. Tak memakai air putih, kopi yang satu ini diracik dengan air kelapa. Bagaimana rasanya?

Kopi jadi andalan banyak orang untuk memulai hari. Aroma dan rasanya yang khas jadi pembangkit energi di pagi hari. Beragam racikan kopi hangat kini juga populer. Dari gaya Amerika, Australia hingga Italia.

Selain kopi panas, kopi cold brew yang diseduh dalam air dingin selama beberapa jam juga disukai orang. Apalagi kopi ini umumnya dikemas dalam botol yang mudah dibawa. Rasa dan aroma kopi cold brew dianggap lebih enak.

Namun, bagaimana dengan mereka yang alergi dengan produk susu atau diary product? Tentu saja mereka tak bisa menikmati kopi dengan paduan susu. Tetapi kini ada pilihan lain 'kopi air kelapa'. Cocok buat mereka yang ingin tetap mengasup kafein tetapi alergi produk susu.



Cara Membuat Kopi Air Kelapa yang Segar dan Bikin MelekFoto: iStock


Buat penggemar kopi, sajian kopi panas dan dingin akan selalu disukai. Demikian juga dengan kopi air kelapa. Tak beda dengan varian sajian kopi ditambah lemon atau ditambah mentega dan beragam sirop.

Air kelapa sebagai pengganti susu dalam proses cold brew ini juga sangat baik untuk mereka yang tak konsumsi gula. Rasa manis alami air kelapa akan membuat kopi lebih enak. Selain itu air kelapa mengandung elektrolit alami yang bisa menghidrasi tubuh.

Cara Membuat Kopi Air Kelapa yang Segar dan Bikin MelekFoto: iStock


Mau bikin kopi air kelapa sendiri? Kamu bisa mengikuti tahapan dalam resep yang dilansir dari NDTV (9/1). Patokan dalam membuat kopi air kelapa adalah perbandingan kopi dan air kelapa adalah 1:4 dan resep ini bisa disajikan untuk 5 gelas.

Bahan:
1 liter air
11 g kopi bubuk
125 ml santan, jika suka
5 sdt sirop gula

Cara membuat:

• Jika kopi berupa biji utuh, kopi bisa digiling langsung dengan mesin penggiling kopi.
• Tuangkan kopi di dalam karaf atau jug.
• Lalu tuangkan air kelapa dan aduk rata, tutup wadah.
• Simpan dalam lemari es semalaman.
• Pagi hari, saring kopi dalam gelas.
• Tambahkan santan jika suka dan sirop gula.
• Aduk rata dan kopi air kelapa siap dinikmati.

Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)