Tradisi Aneh! Menjilati Selai Kacang di Wajah Teman

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 13 Jan 2020 08:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Selai kacang biasanya digunakan untuk olesan roti tawar atau biskuit. Namun, tradisi aneh di Filipina ini selai kacang dipakai untuk lomba.

Selai kacang atau peanut butter merupakan kacang tanah yang digerus halus hingga kental seperti pasta. Cita rasanya gurih creamy. Dipakai untuk olesan roti, kue hingga bahan dessert.

Tradisi Aneh! Menjilati Selai Kacang di Wajah TemanFoto: iStock

Namun di Filipina ada sebuah tradisi unik yang berkaitan dengan selai kacang. Seperti dilansir dari Metro (08/01), selai kacang di Filipina dikaitkan dengan suatu perlombaan yang unik yang diikuti oleh bocah laki-lakl.

Pasalnya perlombaan tersebut diikuti oleh bocah laki-laki hingga remaja yang diharuskan menjilati wajah temannya yang telah berlumuran selai kacang. Mungkin untuk banyak orang hal tersebut sangat menjijikkan, namun tidak untuk warga Filipina. Malahan itu termasuk sebuah tradisi. Konon tradisl dan festlval lnl dipengaruhi oleh budaya Spanyol yang pernah menjajah Filipina.

Baca Juga: Ini 5 Tradisi Makan Bersama Khas Orang Indonesia

Tradisi aneh di Filipina tersebut merupakan sebuah kegiatan yang selalu dilakukan setiap tahunnya. Tanpa rasa jijik sedikitpun, para bocah laki-laki tersebut menjilati selai kacang yang terdapat di wajah rekan satu timnya.

Selai kacang yang terdapat pada wajah rekan timnya tersebut harus habis dan bersih. Dan siapa yang berhasil menjilati selai kacang hingga habis, mereka jadi pemenangnya.

Tradisi Aneh! Menjilati Selai Kacang di Wajah TemanFoto: Istimewa

Edward Amante, seorang warga lokal Filipina yang menyaksikan tradisi aneh tersebut mengatakan, "Bocah laki-laki ini secara sukarela melakukan permainan tersebut, orang tua mereka pun menyaksikannya."

Tradisi terkait dengan makanan di setiap negara memang berbeda-beda. Jika di Filipina, bocah laki-laki menjilati selai kacang di wajah rekannya, berbeda lagi dengan beberapa negara lainnya. Seperti di Korea Selatan yang harus bersuara ketika menyeruput hidangan mi. Ada pula tradisi aneh memakan ikan beracun (ikan fugu) di Jepang.

Baca Juga: Makan Ikan Hidup Jadi Tradisi Unik Pengobatan Masyarakat India


Simak Video "Legit! Kue Tobu'u yang Buat Hati Menyatu"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)