Tren Minum Susu Almond Ternyata Bunuh Miliaran Lebah Madu

Devi Setya - detikFood Jumat, 10 Jan 2020 13:21 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Susu almond kini jadi alternatif susu sehat, tapi siapa sangka proses produksinya menuai kontroversi. Ada banyak lebah yang harus mati karena tren ini.

Beberapa tahun belakangan, susu almond menjadi pilihan susu nabati yang populer. Susu yang dianggap sehat dan rendah kalori ini juga jadi konsumsi alternatif bagi para vegetarian.

Dilansir dari People (10/1) ada hal mencengangkan dari produksi susu almond, sebuah laporan yang ditulis The Guardian mencatat ada milaran lebah madu yang mati selama proses produksi susu almond. Produsen susu almond bahkan dituding sebagai penyebab tingginya angka kematian lebah madu.

"Lebah-lebah di kebun almond dieksploitasi. Mereka mengalami penurunan jumlah yang parah karena hubungan dengan manusia," kata Patrick Pynes, seorang peternak lebah organik di Arizona.
Tren Minum Susu Almond Ternyata Bunuh Miliaran Lebah MaduFoto: istimewa

Baca juga : Susu Almond dan Susu Kedelai, Mana yang Lebih Baik Nutrisinya?

Dalam industri susu almond, lebah madu bertugas sebagai hewan yang mempercepat proses penyerbukan. Meskipun berjalan secara alami, tapi lebah-lebah ini seolah dipaksa untuk menyerbuki ribuan pohon almond yang ada di pertanian.

Berlokasi di Lembah Tengah, California, kebun almond terbesar ini setiap harinya diserbuki oleh milaran lebah. Dari sini 80 persen pasokan almond dunia diproduksi. Menurut laporan, ada 50 juta lebah yang mati selama beberapa bulan pada tahun 2018-2019.

Banyak hal yang menyebabkan lebah mati, para ahli dari Scientific America mengatakan karena paparan pestisida, stress dan kekurangan asupan makanan. Di Amerika, tanaman almond disiram dengan pestisida yang lebih banyak dibandingkan dengan tanaman lainnya.

"Ini seperti mengirim lebah ke medan perang. Banyak lebah yang mati dan tidak kembali," kata Nate Donley, seorang ilmuwan senior untuk Pusat Keanekaragaman Hayati.

Lebah-lebah yang digunakan untuk menyerbuki tanaman almond ini biasanya didatangkan dari peternak lebah madu. Dennis Arp, peternak lebah madu mengatakan ketika lebahnya dipakai untuk menyerbuki tanaman almond, setiap saat jumlah lebahnya berkurang. Pada Oktober 2019 saja, Arp sudah kehilangan 150 sarang lebah.
Tren Minum Susu Almond Ternyata Bunuh Miliaran Lebah MaduFoto: istimewa

Baca juga : Rendah Kalori dan Menghaluskan Kulit, Susu Almond Kaya Manfaat (1)

"Mungkin ada ratusan ribu sarang dari beberapa peternak lebah di satu area kebun. Ini seperti membiarkan lebah pergi dan jangan berharap akan kembali," katanya.

Sebagai solusi untuk mempertahankan ekosistem lebah madu, para ahli menyarankan untuk meluncurkan program Bee Better. Kebun yang harus diserbuki oleh lebah madu harus ditanami aneka tanaman di sekitarnya seperti tanaman bunga agar lebah bisa mendapat asupan makanan alami lebih banyak.

Program ini sudah diterapkan untuk kebun almond yang diproduksi untuk merek dagang es krim Haagen-Dazs. Perusahaan ini meluncurkan es krim rasa almond cokelat yang produksinya diklaim ramah lebah. Rencananya ada tiga rasa es krim dengan almond organik yang akan diluncurkan tahun 2020.





Simak Video "Kenali Khasiat Susu Almond yang Banyak Manfaat!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)