3 Olahan Telur Praktis ala Resto China untuk Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 06 Jan 2020 05:30 WIB
Foto: detikFood/iStock
Jakarta - Tak punya banyak waktu buat bikin sarapan? Olahan telur ala resto China yang praktis dan enak ini bisa jadi pilihan. Sarapan hangat bisa disajikan sekejap.

Menu berupa omelet telur dan nasi hangat bisa jadi sarapan enak untuk memulai hari. Banyak olahan telur yang juga jadi andalan menu restoran China. Terlihat menggugah selera dan bikinnya juga gampang.

Selain itu bahan-bahannya juga mudah didapat. Seperti fuyunghai yang bisa dipadukan dengan daging cincang, ayam cincang, atau udang dan sayuran. Bisa dimakan dengan saus asam manis atau hanya dikucuri kecap manis.

Tiga menu telur populer di resto China ini bisa jadi inspirasi untuk membuat sarapan sehat di awal tahun 2020 ini. Mana favoritmu?

3 Olahan Telur Praktis ala Resto China untuk SarapanFoto: detikFood


1. Fuyunghai

Fuyunghai alias omelet telur ini populer di restoran China banyak negara. Bahan utamanya telur ayam yang dikocok dan dipadukan dengan aneka bahan. Di Indonesia yang terkenal dengan campuran daging kepiting.

Isiannya bisa daging ayam cincang, daging cincang, atau kornet. Tambahkan irisan halus wortel, daun bawang, bawang bombay, merica dan garam. Selanjutnya buat dadar tebal di wajan datar hingga kedua sisinya kecokelatan dan kering.

Sebagai pelengkap bisa disajikan dengan saus asam manis. Atau bisa disajikan dengan kucuran kecap manis atau mayonnaise untuk versi praktisnya.

3 Olahan Telur Praktis ala Resto China untuk SarapanFoto: Woks of Life


2. Orak-arik Telur Kucai

Meskipun sederhana rasa gurih telur dan kucai yang renyah bikin sajian telur ini spesial. Tak heran jika banyak resto China menaruh menu ini dalam daftar menunya.

Bahan utama telur yang dikocok bersama merica bubuk dan garam. Lalu ditambahkan kucai cincang dan daun bawang iris jika suka. Selanjutnya dibuat terlu orak-arik. Saat masih setengah basah, ditambahkan potongan kucai dan diaduk hingga layu lalu diangkat dari api dan disajikan dengan nasi hangat.



3 Olahan Telur Praktis ala Resto China untuk SarapanFoto: iStock


3. Sup Telur

Untuk penghangat badan, sup telur yang creamy gurih bisa jadi pilihan. Kunci kelezatannya terletak pada kaldu ayam yang gurih enak. Bahan lainnya telur ayam dan corn cream.

Setelah kaldu didihkan dan dibumbui dengan merica dan garam. Kemudian telur dikocok dan dituangkan sambil diaduk cepat. Ditambahkan corn cream kalengan jika suka. Serabut halus telur menjadi ciri khas sup sederhana dan lezat ini.



Simak Video "Nikmatnya Madumongso yang Bikin Ketagihan"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)