Terlihat Menyeramkan, 5 Makanan Enak Ini Terbuat dari Tulang

Devi Setya - detikFood Sabtu, 04 Jan 2020 13:00 WIB
Foto: instagram
Jakarta - Banyak orang membuang tulang ikan, ayam, sapi atau kambing. Tapi di tangan ahli masak, aneka tulangan ini bisa diracik jadi makanan enak.

Orang Indonesia memang paling kreatif, bukan hanya bagian daging saja yang bisa dijadikan masakan enak. Jika biasanya tulangan hanya diandalkan untuk membuat kaldu maka oleh tangan-tangan kreatif, aneka tulangan ini bisa diolah jadi makanan sedap yang siap menggoyang lidah.

Berikut aneka racikan makanan enak yang dibuat menggunakan tulangan.

1. Tulang jambal
Terlihat Menyeramkan, 5 Makanan Enak Ini Terbuat dari Tulang
foto : instagram @aricekos

Jangan menganggap tulang ikan hanya layak untuk makanan kucing. Masyarakat Jawa Barat justru banyak mengolah tulang ikan jambal jadi sajian enak yang bikin berselera saat dimakan bersama nasi.

Tulang ikan jambal yang memiliki ukuran agak besar ini dimasak dengan aneka bumbu dan rempah sehingga menghasilkan rasa yang enak. Tulang ikan jambal juga lebih dulu digoreng garing sebelum dibumbui. Sisa daging ikan yang melekat pada tulang justru bikin sensasi makan jadi lebih nikmat.

Baca juga : Yuk, Cicip 5 Tengkleng Enak di Kota Kelahiran Kahiyang!

2. Seblak tulang
Terlihat Menyeramkan, 5 Makanan Enak Ini Terbuat dari Tulangfoto : instagram @dapur.mimi84

Masih dari kuliner Jawa Barat, di Bandung ada jajanan populer yang terbuat dari kerupuk, namanya seblak. Seblak ini biasa diolah jadi makanan pedas dan nikmat disajikan hangat.

Biasanya seblak dilengkapi dengan aneka bahan seperti bakso, sosis hingga ceker. Tapi banyak juga penjual seblak yang memasak hidangan ini dengan tambahan tulang ayam. Seblak tulang ayam digadang-gadang punya rasa yang lebih gurih dan enak.

3. Tengkleng
Terlihat Menyeramkan, 5 Makanan Enak Ini Terbuat dari Tulangfoto : instagram @tongklenglotokjogja
Bagian daging kambingnya diolah jadi sate, sementara bagian tulangnya dimasak jadi tengkleng. Ya, tengkleng khas Solo memang terbuat dari tulangan kambing yang dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah.

Kuahnya yang kuning dan bercita rasa gurih ini tak pernah gagal menggoda meskipun isiannya kebanyakan tulang kambing. Selain tulang, tengkleng juga kadang dilengkapi daging kambing. Kalau beruntung, Anda bisa mendapatkan tulang yang berisi sum-sum tulang lembut.

4. Rica-rica tulang ayam
Terlihat Menyeramkan, 5 Makanan Enak Ini Terbuat dari TulangFoto: instagram

Sekilas melihat sajian ini tampak mengerikan. Isiannya hanya potongan tulang dan ceker saja. Kuahnya kemerahan dengan rasa pedas yang nendang. Rica-rica tulang ayam ini biasa dijadikan camilan ataupun lauk teman makan nasi.

Jangan khawatir soal tulangan ayam ini, bagian tulang ini biasanya diperoleh dari penjual ayam yang menyediakan potongan fillet. Bagian tulang ini biasa dijual dengan harga murah meriah.

Baca juga : 10 Ceker Pedas Berdaging Lembut yang Bikin Ngiler!

5. Soto tulang ayam
Terlihat Menyeramkan, 5 Makanan Enak Ini Terbuat dari Tulangfoto : instagram @masakan_rumahbyhikmah


Di Jawa Timur terkenal soto ranjau, jangan kira soto ini pedas karena ranjau cabai. Ranjau yang dimaksud adalah tulangan ayam. Jadi soto ranjau adalah soto yang disajikan dengan isian tulangan.

Meskipun penampilannya tak menggoda selera tapi soto ranjau ini selalu jadi primadona. Rasanya yang gurih berasal dari sari-sari tulang yang direbus dengan bumbu berlimpah. Soto tulangan makin enak lagi kalau disantap dengan tambahan sambal dan perasan jeruk nipis.

Simak Video "Sop Tulang Sapi, Sajian Tulang Kaki Sapi yang Bernutrisi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)