Ini Perbandingan Gula 15 Teh Kemasan dengan Porsi Nasi dan Olahraga

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 04 Jan 2020 08:00 WIB
Foto: YouTube Yulia Baltschun
Jakarta - Teh kemasan kini jadi minuman favorit banyak orang. YouTuber ini coba menguak kandungan gula dari 15 merek teh kemasan populer, kemudian membandingkannya dengan porsi nasi dan olahraga.

Produsen minuman kini menghadirkan teh kemasan dalam banyak varian rasa dan ukuran. Rasa manisnya seolah membuat ketagihan hingga membuat banyak orang tak bisa lepas dari teh kemasan usai makan atau saat sedang haus. Namun dari sisi kesehatan, teh kemasan ternyata mengandung banyak gula tambahan.

Ini Perbandingan Gula 15 Teh Kemasan dengan Porsi Nasi dan OlahragaFoto: YouTube Yulia Baltschun

Hal ini diungkap YouTuber Yulia Baltschun yang terkenal sebagai YouTuber diet karena kerap membahas konten nutrisi. Pada 28 Desember 2019 ia mengunggah video berjudul "Cuma AKU yg BERANI BONGKAR RAHASIA ddlm TEH KEMASAN ?? (Review Teh Kemasan)". Video ini sudah disaksikan lebih dari 394 ribu kali saat berita ini dibuat.


Ia mengatakan, "Aku bakal ngebongkar berapa banyak gula dan kalori dalam teh kemasan. Aku juga akan ngebandingin kalori 1 botol teh kemasan sama seperti nasi putih berapa banyak dan kalau harus dibandingin sama olahraga, 1 botol teh kemasan setara dengan olahraga berapa menit. Olahraganya jogging, jumping jack, bodyweight squat."

Ini Perbandingan Gula 15 Teh Kemasan dengan Porsi Nasi dan OlahragaFoto: YouTube Yulia Baltschun

Sebelumnya Yulia juga menekankan pentingnya memperhatikan informasi nilai gizi atau nutrition facts. "Teliti dan hati-hatilah ketika membaca nutrition facts. Karena seringnya komposisi tidak mewakili jumlah keseluruhan produk," katanya.

Dari 15 merek teh kemasan populer, Yulia kemudian mengategorikannya jadi 5 kelompok. Kriterianya didasarkan pada jumlah kandungan gula yang mirip. Jadi meski kemasannya ada yang kecil dan besar, bukan tidak mungkin kandungan gula di dalamnya serupa. Untuk mereknya tidak diungkap, hanya ditulis berdasarkan abjad.

Kelompok pertama ada 4 merek teh kemasan D, H, J, dan L. "Masing-masing mengandung 25 gram gula yang setara 103 kkal. Jumlah gula ini setara 8 sdm nasi putih dan olahraga jogging 17 menit, jumping jack 13 menit, dan bodyweight squat 26 menit," ujar Yulia.

Ini Perbandingan Gula 15 Teh Kemasan dengan Porsi Nasi dan OlahragaFoto: YouTube Yulia Baltschun

Kelompok kedua diisi 3 merek teh kemasan yaitu A, C, dan G. Kandungan gulanya mencapai 26 gram yang setara 107 kkal atau 8,5 sdm nasi putih. Untuk membakarnya, Anda harus berolahraga jogging 18 menit, jumping jack 13 menit, dan bodyweight squat 27 menit.

Kelompok ketiga semakin besar gulanya, diisi 3 merek teh kemasan yaitu K dan I. Jumlah gulanya 28 gram atau 113 kkal atau sama dengan 9 sdm nasi putih. Untuk olahraganya bisa 'ditebus' dengan jogging 19 menit, jumping jack 14 menit, dan bodyweight squat 28 menit.

Ini Perbandingan Gula 15 Teh Kemasan dengan Porsi Nasi dan OlahragaFoto: YouTube Yulia Baltschun

Beralih ke kelompok 4 yang diisi merek B dan M. Masing-masing mengandung sekitar 32 gram gula atau 130 kkal. Jumlahnya sama dengan 10 sdm nasi putih dan olahraga jogging 22 menit, jumping jack 16 menit, dan bodyweight squat 32 menit.


Terakhir ada kelompok 5 yang berisi teh kemasan merek E, N, F, dan teh tanpa label. Yang paling banyak tentu saja TB kemasan 1 liter. Di dalamnya mengandung 75 gram gula atau setara 304 kkal. Bisa dibakar dengan olahraga jogging 51 menit, jumping jack 38 menit, dan bodyweight squat 76 menit.

Ini Perbandingan Gula 15 Teh Kemasan dengan Porsi Nasi dan OlahragaFoto: YouTube Yulia Baltschun

Di akhir video, Yulia mengatakan, "Sesuatu yang tidak mengenyangkan belum tentu tidak mengandung kalori. Bukan berarti tidak menimbun lemak. Hati-hati, lebih bijaksana lagi." Ia juga mengatakan ulasannya kali ini tidak bermaksud menghujat atau menjatuhkan suatu produk.



Simak Video "Tradisi Nimung Rame, Bentuk Syukur Masyarakat di Pulau Sumbawa "
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)