Pesta BBQ

Sisa Daging Panggang Bisa Dimanfaatkan Jadi 5 Olahan Enak Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 01 Jan 2020 10:00 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Pesta BBQ
Jakarta - Sisa daging panggang usai pesta tahun baru kerap tak terhindarkan. Jangan dibuang, Anda bisa manfaatkan sisa daging panggang jadi olahan enak ini.

Pesta tahun baru biasanya menghadirkan ragam BBQ seperti daging sapi, ayam, atau sosis. Tapi tak jarang makanan panggang tersebut tidak habis. Alih-alih dibuang atau tak lagi dimakan, Anda bisa mengolah sisa daging panggang jadi olahan enak ini.

Kuncinya adalah kreatif dalam memanfaatkan bumbu dan membuat hidangan sesuai selera Anda dan keluarga. Ada nasi goreng hingga sandwich sebagai ide sajian olahan sisa daging panggang.

1. Nasi goreng

Sisa Daging Panggang Bisa Dimanfaatkan Jadi 5 Olahan Enak IniFoto: iStock

Sarapan mengenyangkan selalu dicari termasuk usai rayakan pesta tahun baru. Anda bisa membuat nasi goreng dengan topping daging panggang. Bisa berupa daging sapi, daging ayam, atau sosis. Caranya mudah, cukup suwir-suwir atau potong daging tersebut.

Kemudian di wajan, tumis bumbu nasi goreng sesuai selera. Tambahkan telur jika suka. Setelah matang, masukkan nasi. Aduk-aduk sampai rata dengan tambahan kecap manis. Terakhir barulah suwiran daging panggang dimasukkan ke dalam wajan. Diaduk kembali sampai semuanya merata dan bumbunya meresap enak.


2. Bumbu balado

Sisa Daging Panggang Bisa Dimanfaatkan Jadi 5 Olahan Enak IniFoto: iStock

Sisa daging panggang tak hanya enak diolah jadi menu sarapan, tapi juga menu utama. Ada balado daging ayam atau sapi yang bisa dibuat. Potongan daging yang sudah matang ini sudah terasa gurih enak. Yang Anda perlukan hanya menyempurnakan rasanya.

Untuk bumbu balado diracik dari cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, tomat, serai, jahe, dan garam. Pertama tumbuk kasar cabai merah keriting, bawang merah, dan bawang putih. Lalu tumis hingga harum, Masukkan jahe dan sereh, kemudian tumis lagi. Masukkan daging panggang bersama tomat, garam, dan gula. Semua bahan ini tinggal diaduk rata dan dibiarkan matang hingga bumbunya meresap. Tambahkan sedikit air kalau terlalu kering.

3. Sate

Sisa Daging Panggang Bisa Dimanfaatkan Jadi 5 Olahan Enak IniFoto: iStock

Daging sapi panggang biasanya disajikan seperti steak. Nah, jika ada sisanya coba buat saja sate agar tampilan dan rasanya sedikit berbeda. Anda bisa memotong-motong daging sapi panggang lalu susun di tusukkan sate.

Bakar lagi daging sebentar agar hangat. Sajikan sate ini bersama sambal kecap agar lebih istimewa rasanya. Bahannya antara lain cabai rawit, bawang merang, tomat, kecap manis, dan jeruk nipis. Iris-iris cabai, bawang, dan tomat. Kemudian tambahkan kecap manis dan perasan jeruk nipis untuk menyempurnakan rasanya.

4. Sandwich

Sisa Daging Panggang Bisa Dimanfaatkan Jadi 5 Olahan Enak IniFoto: iStock

Sisa daging sapi atau ayam panggang juga bisa dimanfaatkan sebagai isian sandwich. Iris tipis-tipis sisa daging tersebut. Kemudian taruh diantara lembaran roti tawar untuk dijadikan sandwich. Tambahkan juga sayuran sesuai selera. Misalnya selada, tomat, atau mentimun.

Kalau rasanya mau lebih enak, sandwich bisa ditambahi bumbu. Misalnya saja saus cabai, mayonnaise, sedikit lada, dan perasan lemon. Dijamin menarik selera!

5. Salad

Sisa Daging Panggang Bisa Dimanfaatkan Jadi 5 Olahan Enak IniFoto: Dok.Tastemade

Terakhir sisa daging panggang bisa dimanfaatkan sebagai topping salad. Sajian ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki resolusi hidup sehat di tahun baru. Cara membuat salad mudah.

Tinggal pilih sayuran favorit. Misalnya mix lettuce, tomat, alpukat, dan mentimun. Tambahkan dressing atau saus favorit. Kemudian terakhir, taburi sisa ayam panggang atau daging sapi panggang. Semangkuk salad enak dan bernutrisipun siap disantap.





Simak Video "Resep Udang Bakar Enak Anti Ribet"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Pesta BBQ