Pesta BBQ

Kalap Makan Daging? 5 Makanan untuk Detoks Tubuh Ini Bisa Dicoba

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 01 Jan 2020 07:00 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
FOKUS BERITA Pesta BBQ
Jakarta - Makanan untuk detoks tubuh ini bisa jadi pilihan saat kamu merasa begah. Sebab sering kali ketika malam pergantian tahun, kamu mengasup terlalu banyak makanan.

Pesta tahun baru selalu berlangsung meriah, namun urusan perut kerap kali membuat kamu begah, penuh, atau kekenyangan di pagi harinya. Tak heran sebab sajian saat pesta BBQ memang menggugah semuanya. Mulai dari daging panggang, ayam panggang, sampai aneka karbohidrat seperti kentang dan nasi.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mendetoks tubuh dengan konsumsi makanan bernutrisi dan kaya serat. Makanan untuk detoks tubuh ini direkomendasikan VegKitchen (30/12). Semuanya berbahan sayur dan buah yang menyehatkan.

1. Smoothies hijau

Kalap Makan Daging? 5 Makanan untuk Detoks Tubuh Ini Bisa DicobaFoto: iStock

Smoothies hijau atau green smoothies adalah makanan untuk detoks tubuh paling populer. Selain 'membersihkan' tubuh, smoothies hijau punya banyak manfaat seperti menghidrasi, membuat tubuh berenergi, melancarkan sistem pencernaan, hingga menyehatkan kulit.

Untuk membuatnya, pilih beragam sayuran hijau seperti bayam, selada, arugula, sawi, pakcoy, dan lainnya. Haluskan sayuran hijau tersebut dalam blender. Bisa ditambah perasa alami seperti lemon atau daun mint. Kalau suka, tambahkan biji-bijian seperti chia seed agar lebih mengenyangkan.

2. Jus segar

Kalap Makan Daging? 5 Makanan untuk Detoks Tubuh Ini Bisa DicobaFoto: iStock

Cara mudah lain untuk mendetoks tubuh adalah dengan minum jus segar. Pastikan memilih jus alami, tanpa pemanis buatan atau tambahan gula. Bisa pilih cold-pressed juice untuk memastikan nutrisi buah atau sayur masih terjaga.

Pilih yang diracik dari sayuran hijau. Rasanya makin enak dengan tambahan air lemon atau jahe. Paduan bahan-bahan tersebut ampuh untuk melancarkan pencernaan. Kalau buat sendiri, pastikan komposisi sayur lebih banyak daripada buah atau bahan lainnya.

3. Sari cuka apel

Kalap Makan Daging? 5 Makanan untuk Detoks Tubuh Ini Bisa DicobaFoto: thinkstock

Makanan untuk detoks tubuh selanjutnya adalah sari cuka apel atau apple cider vinegar (ACV). Sejak dulu ACV dikenal dengan manfaat sehatkan pencernaan, kurangi masalah kembung, hingga asam lambung. ACV juga dipakai beberapa orang untuk menurunkan berat badan.

ACV sendiri berasal dari fermentas apel. Kandungannya asam asetat, asam gallic, katekin, dan lainnya. Pilih ACV yang organik tanpa bahan-bahan tambahan. Untuk mengonsumsinya, sesendok sari cuka apel bisa dicampur 10 sendok makan air putih. Konsumsi 1-2 sendok sari cuka apel setiap harinya.

4. Salad

Kalap Makan Daging? 5 Makanan untuk Detoks Tubuh Ini Bisa DicobaFoto: iStock

Salad juga jadi makanan enak, bernutrisi, dan mengenyangkan untuk mendetoks tubuh. Hanya saja pastikan memilih salad tanpa dressing tinggi kalori. Sebaiknya, racik salad dari sayuran hijau sebagai bahan utamanya.

Bahan lainnya bisa dikreasikan sesuai selera. Misalnya pakai mix lettuce, tomat, wortel dan paprika. Atau tambahkan juga mentimun, buah bit, apel, dan jeruk. Kalau tak mau repot bikin, kini tersedia banyak salad kemasan di supermarket.

5. Sayuran hijau

Kalap Makan Daging? 5 Makanan untuk Detoks Tubuh Ini Bisa DicobaFoto: iStock

Kunci untuk mendetoks tubuh ialah konsumsi banyak sayuran hijau. Pilih jenis sayuran yang sesuai selera Anda. Ada bayam, kale, selederi, bok choy, sawi, selada, dan banyak lainnya. Sayuran hijau merupakan kelompok sayuran paling bernutrisi.

Sayuran hijau tinggi vitamin khususnya vitamin A, B, dan K. Plus antioksidan dan klorofil yang bersifat sebagai pencegah kanker. Sayuran hijau juga merupakan makanan antiinflamasi. Selalu usahakan konsumsi sayuran hijau setiap hari, terutama jika Anda sedang ingin mendetoks tubuh usai makan banyak di tahun baru.



Simak Video "Resep Udang Bakar Enak Anti Ribet"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Pesta BBQ