20 Kuliner Khas Bandung yang Wajib Dicoba

Tasya Awlia - detikFood Minggu, 29 Des 2019 14:00 WIB
Foto: Istimewa/20 Kuliner Khas Bandung yang Wajib Dicoba

11. Colenak


Colenak kepanjangan dari "cocol enak", colenak merupakan peuyeum yang dibakar di atas arang, kemudian dituangkan cairan gula merah yang kental, dan diberi parutan kelapa.

12. Batagor

Batagor menjadi kuliner khas Bandung, terbuat dari adonan ikan dan tepung kanji, digoreng serta ditambahkan bumbu saus kacang dan perasan jeruk limau akan menambah cita rasa batagor.

13. Lotek

Makanan khas Bandung ini mirip dengan pecel, Lotek berupa rebusan sayur segar yang disiram dengan campuran sambal dan bumbu kacang. Sambalnya sedikit berbeda karena ada tambahan seperti tempe, terasi, gula merah, dan bawang putih. Lotek dapat disajikan dengan lontong atau nasi hangat serta tambahan kerupuk dan bawang goreng.

14. Combro

Jajanan combro menjadi kuliner khas Bandung yang terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat dan diisi dengan sambal oncom lalu digoreng. Disajikan dalam keadaan hangat membuat rasanya lebih nikmat.

15. Nasi Timbel

Nasi timbel merupakan nasi putih biasa yang masih panas dan dibungkus dengan daun pisang. Membungkus dengan daun pisang akan mengeluarkan aroma yang khas, biasanya disajikan dengan tempe, ayam goreng, sambal, serta lalapan.

16. Rujak Cuka

Rujak cuka merupakan campuran dari berbagai macam sayuran atau buah yang dibumbui dengan bumbu rujak, serta ditambah cuka agar aroma makanan lebih sedap.



17. Keripik Setan

Jajanan khas Bandung yang satu ini pasti kamu sudah pernah mencobanya. Keripik yang terbuat dari singkong yang diolah dan dibumbui dengan bumbu cabai yang sangat pedas membuat ingin terus memakannya.

18. Bandrek

Bandrek merupakan salah satu minuman khas Bandung yang terbuat dari jahe dan gula merah. Adapun tambahan rempah seperti serai, merica, dan pandan. Dihidangkan pada cuaca dingin, akan membuat tubuh terasa hangat.

19. Bajigur

Minuman khas Bandung ini bahan utamanya adalah gula aren dan santan. Dicampurkan sedikit jahe, garam, dan bubuk vanili. Minuman hangat ini cocok disajikan dengan pisang rebus, ubi rebus, atau kacang rebus.

20. Es Lilin

Es lilin menjadi kuliner khas Bandung yang terbuat dari campuran santan, gula, dan susu. Dengan harga yang murah kamu bisa memilih varian es lilin seperti rasa seperti strawberry, melon, bahkan leci.

Aneka kuliner khas Bandung 2019 mulai dari makanan, minuman, dan cemilan yang wajib dicobain ketika mengunjungi kota ini.


Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(nwy/erd)