Pesta BBQ

Yuk, Bikin Coleslaw ala KFC yang Segar Buat Pelengkap BBQ!

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Sabtu, 28 Des 2019 15:00 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Pesta BBQ
Jakarta - Untuk melengkapi sajian BBQ yang gurih berlemak, salad sayuran bisa jadi penetralnya. Kali ini kamu bisa nyontek resep Coleslaw KFC yang terkenal segar renyah!

Coleslaw merupakan salad kubis yang gampang dibuat. Bahan utamanya adalah kol atau kubis dan wortel. Untuk kubis atau kol ada 2 jenis, yang daunnya rapat menyatu, dikenal dengan sebutan kol bulat. Ada juga daunnya yang agak kendor serta berwarna kehijauan dan dikenal dengan nama kol gepeng.

Untuk coleslaw sebaiknya pilih kol bulat yang rapat helai daunnya, lepaskan helaiannya lalu cuci di bawah air mengalir agar semua kotoran dan serangga kecil larut dalam air. Tiriskan hingga airnya kering atau lap dengan tisu dapur.



Selanjutnya, ikuti langkah dan tips membuatnya berikut ini.

1. Bahan yang perlu disiapkan

1/2 buah kol ukuran sedang
1 buah wortel ukuran sedang, kupas
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
Saus:
150 ml mayonnaise botolan
1 sdt garam
1 sdm air jeruk lemon
1 sdt mustard pasta
1 sdm saus tomat botolan
1/2 sdt cabai bubuk
1/2 sdt garam

Yuk, Bikin Coleslaw ala KFC yang Segar Buat Pelengkap BBQ!Foto: iStock


2. Cincang kol dan wortel

Jika biasanya coleslaw memakai kol dan wortel yang diserut panjang, berbeda dengan Coleslaw KFC yang dicincang kasar. Untuk itu sebaiknya parut atau iris kol memanjang dahulu. Kemudian potong atau cincang melintang agak kasar.

Lakukan yang sama untuk wortel. Setelah tercincang peras wortel hingga airnya tiris. Ini untuk membuat warna coleslaw tidak jadi kemerahan dan tekstur coleslaw masih renyah.

Taruh kol dan wortel dalam mangkuk bersama bawang bombay cincang, aduk hingga tercampur rata. Jangan terlalu kuat dan lama mengaduk karena sayuran akan berair.

Yuk, Bikin Coleslaw ala KFC yang Segar Buat Pelengkap BBQ!Foto: iStock


3. Aduk dengan saus

Taruh mayonnaise dan semua bahan saus dalam wadah. Aduk hingga tercampur rata dan gula larut. Tuangkan saus ini ke dalam campuran sayuran. Aduk perlahan hingga semua sayuran terlapisi saus.

Tutup wadah dengan plastik dan simpan dalam lemari es minimal 1 jam sebelum disajikan. Agar saus meresap dan menyatu dengan sayuran. Coleslaw lebih enak dinikmati dingin.




Simak Video "Resep Udang Bakar Enak Anti Ribet"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)
FOKUS BERITA Pesta BBQ