Rekomendasi Tempat Makan

Raos Pisan! Makan Nasi Liwet di Garut Saat Liburan Bareng Keluarga

Devi Setya - detikFood Sabtu, 28 Des 2019 12:00 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Garut bisa jadi pilihan destinasi liburan akhir tahun bersama keluarga. Lokasinya tak jauh dari Jakarta, di Garut juga udaranya masih bersih dan sejuk.

Banyak wisata alam yang bisa disambangi saat liburan di Garut, salah satunya tempat pemandian air panas. Eits, tak hanya wisata alam, Garut juga menawarkan wisata kuliner yang mantap. Aneka sajian sunda lengkap dengan nasi liwet, sambal dadak dan lalapan bisa dinikmati di beberapa tempat makan berikut. Raos pisan!

1. Kampung Muara Sunda
Raos Pisan! Makan Nasi Liwet di Garut Saat Liburan Bareng KeluargaFoto: istimewa

Mau makan lesehan sambil menikmati hamparan sawah padi? Saatnya datang ke Kampung Muara Sunda yang ada di Garut Kota. Di sini mata akan dimanjakan pemandangan alam lengkap dengan semilir angin sejuk khas Garut.

Area makan lesehan cocok jadi tempat bersantap bareng keluarga. Menu nasi liwet jadi salah satu andalan di sini. Lauk pelengkapnya ada gurame bakar sambal cobek, pepes ikan peda, ikan asin jambal goreng dan pastinya tumisan khas Sunda yang gurih. Santap juga sambal dadak dan lalapannya yang super segar

Kampung Muara Sunda
Jl. Raya Bayongbong Km 3, Garut Kota
Muara Sanding, Garut
Jawa Barat
Telepon (0262) 544839

2. RM Saung Cikenceh
Aneka menu masakan sunda juga bisa disantap di Saung Cikenceh. Nasi liwet yang disajikan dalam kastrol ini punya rasa gurih dan harum sedap berempah.

Sambil makan nasi liwet, coba juga pesan karedok, sayur asem dan ikan asin goreng yang mantap. Sambal dadak super pedas dijamin bikinn mata melek dan siap melanjutkan liburan di Garut.

RM. Saung Cikenceh
Jl. Bratayuda No. 45 A, Reggol
Garut, Jawa Barat
Telepon 085223644490

3. Saung Bambu Racik Desa
Raos Pisan! Makan Nasi Liwet di Garut Saat Liburan Bareng KeluargaFoto: istimewa

Restoran sunda yang satu ini paling cocok disambangi dengan keluarga. Area restoran dipenuhi dekorasi berbahan serba bambu dan kayu. Suasananya asri dan alami.

Kalau datang bersama keluarga besar coba pesan paket komplet yang sudah terdiri dari nasi liwet, ikan peda, tempe dan tahu goreng, lalapan dan lauk lainnya. Di sini juga bisa menyantap hangat segar sop iga berkuah gurih.

Saung Bambu Racik Desa
Jl. Cipanas Baru No. 1, Pananjung
Tarogong Kaler, Kabupaten Garut
Jawa Barat
Telepon 082119721777

4. Nasi Liwet Asep Stroberi
Di Garut ada dua cabang Nasi Liwet Asep Stroberi, salah satunya bahkan buka 24 jam jadi bisa bersantap nasi liwet sepanjang hari. Harum sedap nasi liwet sederhana gaya Sunda bisa dimakan dengan aneka lauk pelengkap.

Kalau suka ikan bisa coba gurame bakar yang ukurannya besar dan bisa disantap beramai-ramai. Ada juga tumis oncom leunca, karedok, tempe goreng, tumis kulit melinjo dan aneka hidangan Sunda lainnya.

Nasi Liwet Asep Stroberi
Jl. Raya Kadungora, Leles
Talagasari, Garut
Telepon (0262) 455100

5. Sari Cobek Cangkuang
Raos Pisan! Makan Nasi Liwet di Garut Saat Liburan Bareng KeluargaFoto: istimewa

Kalau makan di rumah makan yang satu ini jangan lupa pesan gurame sambal cobek. Aroma amis ikan gurame sama sekali tak tercium karena gurame dimasak segar.

Lalapan di sini juga terbilang komplit, ada selada, mentimun, daun pohpohan dan leunca. Cocol dengan sambal yang pedasnya nendang dan beraroma terasi khas.

Sari Cobek Cangkuang
Leles Cangkuang, Objek Wisata Candi Cangkuang
Garut
Telepon : 08132022834



Simak Video "Garut Nggak Cuma Punya Dodol, Ini Oleh-oleh Khas Lainnya"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)