Rekomendasi Tempat Makan

Uenake Poll! 5 Tahu Tek Legendaris Ini Wajib Dicicipi Saat Ke Surabaya

Devi Setya - detikFood Senin, 23 Des 2019 17:02 WIB
Foto: instagram
Jakarta - Surabaya memang surganya kuliner di kawasan Timur Jawa. Di sini ada beragam makanan legendaris yang mantap. Salah satu yang wajib dicicip adalah tahu tek.

Makanan ini disebut tahu tek karena dahulu penjualnya berkeliling menjajakan makanan sambil mengetuk ujung penggorengan. Suara tek-tek inilah yang menjadi awal terciptanya sebutan tahu tek. Mirip seperti nasi goreng dan mie tek-tek.

Di Surabaya, tak sulit menemukan penjual tahu tek karena hampir tersebar di desa maupun di kota besar. Gurih legit tahu tek ala Surabaya bisa dicicip di 5 tempat makan legendaris ini.

1. Tahu Teck-Teck Pak H. Ali
Uenake Poll! 5 Tahu Tek Legendaris Ini Wajib Dicicipi Saat Ke Surabaya
foto : instagram @makanber2

Tahu tek yang satu ini sudah terkenal sejak lama. Kelezatan tahu tek khas Surabaya bisa dijajal di kedai Pak H. Ali yang ada di kawasan Jalan Dinoyo, Surabaya.

Seporsi tahu tek dibanderol harga Rp 20 ribuan saja. Isiannya ada tahu goreng, telur dadar, kentang, lontong dan tauge. Pelengkapnya ada kuah bumbu kacang yang kental gurih dengan campuran petis. Makan seporsi tahu tek ini dijamin bikin kenyang.

Tahu Teck-Teck Pak H. Ali
Jl. Raya Dinoyo No. 147
Surabaya, Jawa Timur

Baca juga : Resep Tahu: Tahu Tek

2. Tahu Tek & Tahu Telor Sidho Moro
Uenake Poll! 5 Tahu Tek Legendaris Ini Wajib Dicicipi Saat Ke Surabaya
Foto : instagram @dunia_april

Salah satu keunikan tahu tek yang satu ini adalah adanya tambahan irisan kikil yang kenyal dan lembut. Di sini juga bisa pesan tahu tek dengan porsi sesuai selera, ada porsi kecil dan ada porsi jumbo buat yang punya kapasitas perut besar.

Lembut dan gurihnya bumbu kacang membuat tahu tek ini makin menggoda. Apalagi ditambah petis khas Surabaya yang terkenal gurih beraroma sedap. Makan tahu tek juga bisa ditambah telur dadar dan lontong.

Tahu Tek & Tahu Telur Sidho Moro
Jl. Kutisari Selatan No. 40C,
Tenggilis Mejoyo, Surabaya
Jawa Timur

3. Tahu Tek Pak Rozi
Uenake Poll! 5 Tahu Tek Legendaris Ini Wajib Dicicipi Saat Ke Surabayafoto : instagram @dolangolekmangan

Kalau sedang ada di Surabaya bagian Barat, coba singgah di kedai Tahu Tek Pak Rozi yang ada di kawasan Wiyung. Sepiring tahu tek di sini bisa ditambah petis sesuai pesanan lho. Jadi kalau suka petis berlimpah, dijamin di sini tahu teknya juara.

Kuliner malam ini juga bisa disinggahi kalau sedang butuh hiburan. Penjualnya terkenal senang menghibur pembeli dengan celetukan kocak. Seporsi tahu tek biasa dibanderol dengan harga Rp 8.000 saja. Murah meriah!

Tahu Tek Pak Rozi
Perumahan Gunung Sari Indah
Wiyung, Surabaya
Jawa Timur

4. Tahu Tek 120 Cak Kartolo
Uenake Poll! 5 Tahu Tek Legendaris Ini Wajib Dicicipi Saat Ke SurabayaFoto: instagram @ra_dhiantihardjidisastro


Tahu tek yang satu ini bisa jadi tujuan kalau mencari kuliner legendaris di Surabaya. Meski tempatnya sederhana tapi kedai tahu tek Cak Kartolo ini kabarnya sudah ada sejak tahun 1980-an.

Meskipun hanya menjual tahu tek saja tapi pengunjungnya tak pernah sepi setiap hari. Ada dua varian tahu tek yang ditawarkan yakni tahu tek biasa dan tahu tek telur. Harga per porsinya cuma Rp 12 ribuan saja. Puas makan tahu tek, di sini juga bisa jajan es sinom dan es cincau yang diracik dari bahan alami.

Tahu Tek 120 Cak Kartolo
Jl. Bratang Gede VI E, Wonokromo
Surabaya
Jawa Timur

Baca juga : Uenak Poll! Tahu Tek Plus Telur Khas Blitar Racikan Cak Runi

5. Tahu Tek Pak Ndut
Uenake Poll! 5 Tahu Tek Legendaris Ini Wajib Dicicipi Saat Ke SurabayaFoto: instagram @lieming88

Sambal kacang pada tahu tek racikan Pak Ndut sengaja dibuat kental sehingga terasa creamy. Makin sedap lagi dengan tambahan petis gurih dan kecap manis yang kental.

Kalau suka pedas tinggal tambah sambal yang disajikan terpisah. Paduan lontong, tahu, telur dan tauge bisa diandalkan sebagai pengganjal perut malam-malam. Soal harga, seporsi tahu tek ini harganya dibawah Rp 15 ribuan.

Tahu Tek Pak Ndut
Jl. Manyar Rejo No. 1, Menur Pumpungan
Sukolilo, Surabaya
Jawa Timur



Simak Video "Masak Masak: Resep Stik Tahu Homemade"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)