Unjuk Bakat di Dapur, Shireen Sungkar Bikin Roti Sobek Cokelat Empuk

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 22 Des 2019 13:00 WIB
Foto: The Sungkar Family
Jakarta - Shireen Sungkar termasuk artis yang hobi masak. Baru-baru ini ia unjuk bakat membuat roti sobek empuk dengan isian meisjes cokelat.

Lewat YouTube The Sungkar Family, Shireen mengunggah video berjudul "Bikin Roti Sobek Kesukaan Adam Hawwa". Video yang diunggah pada 17 Desember 2019 ini sudah ditonton lebih dari 103.000 kali saat berita ini ditulis. Shireen terlihat terampil ketika beraksi di dapur.

"Hari ini aku mau bikin roti sobek ala Mami Shireen," kata ibu 3 anak ini di awal video. Ia langsung menunjukkan bahan-bahan pembuatan roti. Nampak telur, ragi, susu bubuk, gula pasir, garam, meisjes terigu, cooking cream, air, unsalted butter, dan bread improver yang dipakai Shireen.
Unjuk Bakat di Dapur, Shireen Sungkar Bikin Roti Sobek Cokelat EmpukFoto: The Sungkar Family

Video masak ini fokus memperlihatkan langkah-langkah pembuatan roti dengan backsound suara Shireen menjelaskan. "Masukkin ragi, tepung terigu rendah protein, baking powder, susu bubuk. Nanti kita mikser sampe powdernya teraduk rata," tutur Shireen.

Proses ini berlanjut dengan memasukkan telur, air, dan cooking cream ke dalam mikser. Pesinetron ini mengatakan, "Kita tunggu sampai dia rata. Kita ulenin sampai setengah kalis. Baru kita masukin garam, sama terakhir unsalted butter."

Unjuk Bakat di Dapur, Shireen Sungkar Bikin Roti Sobek Cokelat EmpukFoto: The Sungkar Family

Setelah itu Shireen sigap menguleni adonan roti. "Ulenin sampai kalis banget. Dibuletin-buletin supaya atasnya rata," tutur Shireen. Adonan ini selanjutnya dimasukkan ke mangkuk besar. Istri Teuku Wisnu ini melanjutkan, "Kita resting (diistirahatkan) sampai ukuran adonan dua kali lipat. Sekitar 30 menit."

Adonan roti yang sudah mengembang ini kemudian dipipihkan dengan rolling pin untuk mengeluarkan gelembung udah di dalamnya. "Sekarang mau aku timbang, masing-masing 50 gram. Dibulet-buletin," katanya. Kemudian ia menggunakan rolling pin lagi untuk meratakan adonan.

Unjuk Bakat di Dapur, Shireen Sungkar Bikin Roti Sobek Cokelat EmpukFoto: The Sungkar Family

"Tambah isian, kalau aku pakai meisjes. Ujungnya aku jepit supaya ketika dipanggang itu nggak keluar cokelatnya," kata Shireen. Ia memberi tips agar pinggiran loyang untuk memanggang dikasih mentega.

Setelah itu, susun adonan bulat di loyang persegi dengan perekat mentega di antaranya. "Tutup, resting lagi sampai ngembang," kata Shireen. Agar lebih enak, ia memberi topping parutan keju pada roti. Terakhir, roti dipanggang sekitar 13 menit dalam suhu 140 C.

Unjuk Bakat di Dapur, Shireen Sungkar Bikin Roti Sobek Cokelat EmpukFoto: The Sungkar Family

Hasilnya roti sobek Shireen terlihat empuk dengan lelehan meisjes cokelat di dalamnya. Soal cita rasa, anak Shireen yaitu Adam dan Hawwa begitu menyukainya. Wah, tipsnya bisa dicontek nih!





Simak Video "Penampakan Bakso Degan Blitar yang Antimainstream"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)