Yuk, Bikin Nasi Goreng Udang Sayuran yang Renyah Gurih Buat Sarapan!

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 20 Des 2019 05:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Pagi dingin enaknya sarapan yang gurih hangat. Dengan 3 langkah mudah kamu bisa meracik nasi goreng yang simpel dan enak rasanya.

Nasi goreng merupakan pilihan sarapan favorit di beberapa negara Asia. Ini karena mereka memanfaatkan nasi dan sisa lauk semalam menjadi hidangan praktis kaya nutrisi. Meski sederhana racikan nasi ini juga kaya nutrisi.

Udang merupakan salah satu sumber protein yang mudah diolah. Tetapi harus dipastikan udang benar-benar dalam keadaa segar, Kepalanya masih rekat dan kulitnya masih bening. Udang jenis jerbung atau pacet ukuran sedang atau kecil bisa jadi pilihan.

Selain udang, bisa ditambahkan sayuran seperti jagung manis, wortel dan kacang polong beku. Sayuran ini memberi asupan vitamin, serat dan mineral. Jenis sayuran ini bisa disesuaikan dengan persediaan yang ada di kulkas.



Ikuti 3 langkah mudah ini untuk membuat Nasi Goreng Udang Sayuran.

1. Udang segar

Udang peci, udang jerbung atau udang pacet ukuran kecil atau sedang bisa jadi pilihan. Siapkan 100 gram udang yang sudah dikupas atau disisakan ekornya. Jika mau hemat waktu, siapkan udang malam harinya dan simpan di cooler di kulkas.

Yuk, Bikin Nasi Goreng Udang Sayuran yang Renyah Gurih Buat Sarapan!Foto: iStock


2. Bahan dan bumbu lainnya

Siapkan 2 piring nasi, 1 butir telur, 2 sdm minyak sayur, 1 siung bawang putih dan 2 butir bawang merah yang dicincang halus. Untuk sayurannya siapkan 1 buah cabai merah, iris halus, 1 sdm biji jagung manis, 1 sdm kacang polong beku.

Untuk bumbunya siapkan 1/2 sdt merica bubuk, 1/2 sdt garam, 1 sdm shoyu dan 1/2 sdt minyak wijen.

Yuk, Bikin Nasi Goreng Udang Sayuran yang Renyah Gurih Buat Sarapan!Foto: iStock


3. Masak nasi goreng

Tumis bawang putih dan bawang merah cincang hingga wangi dan kuning. Masukkan udang dan cabai, aduk sebentar hingga berubah warna. Masukkan nasi dan sayuran, aduk-aduk hingga rata.

Tambahkan bumbu dan aduk rata. Masukkan telur, aduk cepat hingga telur tercampur rata dengan nasi. Angkat dan sajikan hangat.



Simak Video "Wow! Makan Nasi Goreng Jumbo Seharga Rp 1,7 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)