Nasi Madura Kongde Betabur 'Jembut Belanda' yang Gurih Pedas

Hilda Meilisa Rinanda - detikFood Kamis, 19 Des 2019 11:00 WIB
Foto: dok. detikFood Hilda Meilisa Rinanda
Jakarta - Makan enak dan puas bisa di warung Kongde. Nasi Madura dengan aneka lauk yang sedap plus taburan 'jembut belanda' alias serundeng gurih.

Berkunjung ke Surabaya, tak lengkap rasanya jika tak mampir ke warung Kongde atau Bokong Gede (pantat besar) milik Bu May. Warung ini kondang dengan racikan nasi Madura. Seafood merupakan lauk yang wajib dicicipi karena segar dan enak.

Pemilik warung, Siti Maisun atau Bu May (51) mengatakan warungnya menyediakan nasi Madura dengan aneka lauk. Nasi Madura ini merupakan nasi putih hangat yang dipadu dengan empal daging, jeroan sapi seperti paru, babat hingga usus yang diungkep dengan bumbu lalu digoreng.

Nasi Madura Kongde Betabur 'Jembut Belanda' yang Gurih PedasFoto: dok. detikFood Hilda Meilisa Rinanda

Selain itu, May mengatakan nasi Madura tak akan lengkap jika tanpa jemb*t Belanda. Sebutan Jemb*t Belanda merupakan serundeng yang terbuat dari kelapa parut kasar yang disangrai dengan bumbu hingga warnanya kuning keemasan. Selain itu sambal mangga atau pencit dan sambal jancok atau sambal korek pedas tak boleh dilewatkan.

"Ada juga jemb*t belanda, ada sambal jancok, ada sambal pencit semuanya lengkap. Ini jemb*t belanda, Nasi Madura tanpa ini bukan Madura. Ini kan ciri khasnya Nasi Madura," kata May sembari menunjukkan jemb*t Belanda di Warung Kongde, Jalan Bubutan II Surabaya, Rabu (18/12/2019).

Tak hanya jemb*t Belanda, May juga punya sajian yang paling diminati, yakni cumi ngac*ng. Cumi bertelur yang dimasak bersama tintanya hingga hitam warnanya. Sayangnya, saat detikcom berkunjung, cumi ini habis bahkan sebelum warung tutup.

"Iya cuminya kalau lagi musim ada cumi ngac*ng. Cumi ngac*ng ini cumi yang bertelur besar-besar. Tapi ini lagi ndak musim, sudah habis juga tinggal yang ndak ngac*ng. Sudah ndak ngac*ng, sudah letoy wes lemas," imbuhnya sambil tertawa.

Selain itu, May menyebut salah satu yang cukup diminati masyarakat yakni Nasi Madura selulup atau menyelam. Sajian ini merupakan campuran dari lauk daratan dan lauk di laut.

Nasi Madura Kongde Betabur 'Jembut Belanda' yang Gurih PedasFoto: dok. detikFood Hilda Meilisa Rinanda

"Di sini, ada Nasi Madura darat, ada nasi Madura Laut, ada nasi Madura selulup. Kalau selulup itu campur antara darat dan laut," tambahnya.

Jika ada yang ingin mencoba sajian lain, May mengatakan dirinya juga menyediakan nasi rawon, kotokan pe, hingga nasi krengsengan daging. Harga nasi plus lauk-pauk di sini rata-rata Rp 25.000 per porsi.

"Di sini ada nasi kotokan pe, nasi rawon, nasi krengsengan, ada nasi kontil eh tongkol," pungkas May sembari tertawa.

Di kesempatan yang sama, salah satu pelanggan Warung Kongde, Ratna mengaku telah lama menjadi pelanggan setia May. Dia menyebut cumi dan paru merupakan sajian yang paling lezat.

Nasi Madura Kongde Betabur 'Jembut Belanda' yang Gurih PedasFoto: dok. detikFood Hilda Meilisa Rinanda

"Sering, makan di sini sudah lama langganan. Kalau saya sukanya cumi-cumi terus paru. Rasanya mantap ah, beda kayak warung lainnya. Apa lagi ada serundengnya kan enak. Saya selalu dua piring," tambah Ratna.

Penasaran mencoba nasi Madura di Warung Kongde? Warung ini buka jam 07.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Lokasinya berada di pinggir gang yang dekat dengan perkantoran, tepatnya di Jalan Bubutan II Surabaya.

Simak Video "Sensasi Rasa Dawet Hitam, Lebih Kenyal dan Gurih"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)