Hangatkan Badan Pagi Ini dengan Makan Mie Kuah Ayam yang Gurih Sedap

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 18 Des 2019 05:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Dengan sedikit kreasi mie ayam berkaldu hangat dengan topping ayam bisa kamu bikin sendiri. Sluurp! Gurih sedap menggoyang lidah.

Mie kuah ayam yang hangat enak dinikmati sebagai menu sarapan. Racikan mie ini memberi asupan karbohidrat, protein dan vitamin serta serat. Dinikmati selagi hangat 'comfort food' ini dijamin bikin perut kenyang dna nyaman.

Untuk membuat mie ayam kuah ini sebaiknya gunakan mie kering yang berkualitas seperti mie telur. Lebih baik lagi jika ada mie segar. Jika memakai mie segar, cukup dicelupkan dalam air mendidih beberapa saat lalu tiriskan. Untuk mie kering, rebus mie dalam air mendidih beberapa menit hingga lunak. Angkat segera dari air rebusan agar mie tidak lonyot.

Selain mie kering atau segar, beberapa bahan perlu kamu siapkan dan ikuti langkah berikut ini untuk mengolahnya.



1. Mie dan bahan lainnya

Siapkan 250 g mie telur kering atau 500 g mie segar. Rebus mie hingga lunak lalu angkat dan tiriskan. Siapkan bahan lainnya berupa 2 sdt bawang putih cincang, 2 batang bokchoy rebus, potong-potong, 750 ml kaldu ayam, 1/2 sdt merica bubuk, 1 sdt garam dan 1 sdt minyak wijen.

Sebagai toppingnya, siapkan 150 g ayam rebus yang sudah dipotong-potong, 5 buah cabai rawit merah yang diiris kasar, 1 sdt bawang putih cincang goreng dan 2 sdm daun bawang iris kasar.

Hangatkan Badan Pagi Ini dengan Makan Mie Kuah Ayam yang Gurih SedapFoto: iStock


2. Rebus mie

Siapkan air banyak di panci sedang lalu masak hingga mendidih. Masukkan mie telur kering, aduk-aduk beberapa menit hingga lunak lalu angkat dan tiriskan. Jika memakai mie telur segar cukup celup-celupkan dalam air perebus hingga lunak dan tiriskan.

Hangatkan Badan Pagi Ini dengan Makan Mie Kuah Ayam yang Gurih SedapFoto: iStock


3. Kaldu dan penyajian

Tumis bawang putih hingga wangi, tuangkan kaldu, beri merica bubuk, garam dan minyak wijen. Rebus dengan api kecil hingga mendidih lalu angkat.

Taruh mie di mangkuk saji, beri potongan ayam dan bokchoy. Siram dengan kaldu panas. Taburi dengan bawang putih cincang goreng, daun bawang dan irisan cabai rawit merah. Sajikan hangat. Jika suka bisa ditambahkan telur rebus atau telur goreng.





Simak Video "Mie Ayam Mahal vs Mie Ayam Murah, Enakan Mana?"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)